Advertisements

Ticketfly: platform menjual tiket bagi promotor dan tempat acara, mengalami pertumbuhan 62 persen dalam hal penjualan tiket dari tahun 2011 ke tahun 2012

Ticketfly-logo-bluePenjualan tiket untuk acara konser, penyanyi pop, olahraga, pertunjukan seni, drama, lawak, dan akrobatik di kota besar seperti Los Angeles, New York, dan San Francisco kebanyakan dikuasai oleh raksasa penjual tiket seperti Ticketmaster dan StubHub (milik perusahaan lelang eBay). Sedangkan masih ada segmen penjualan tiket menengah ke bawah dan persediaan sisa tiket yang masih belum terlalu digeluti oleh pemain besar. Sejak didirikan pada awal tahun 2008, justru Ticketfly mengincar segmen acara dengan ukuran 200 sampai 2000 penonton.

Minggu ini Ticketfly dengan bangga mengumumkan bahwa startup ini mengalami pertumbuhan 62 persen dalam hal penjualan tiket dari tahun 2011 ke tahun 2012. Pada tahun 2012, Ticketfly berhasil menjual tiket sejumlah $126 juta dollar. Sedangkan jumlah pelanggan mengalami pertumbuhan berlipat ganda. Ticketfly melayani 25.000 acara selama tahun 2012 di 44 negara bagian di Amerika.

Ticketfly-client-ticket-sales-2012-vs-2011Dibandingkan dengan penjual tiket raksasa yang hanya berfokus menjual tiket untuk acara-acara besar, Ticketfly memiliki keunggulan dalam hal menyediakan jasa membangunkan microsites (situs web ukuran kecil) yang bisa dipakai oleh promotor dan tempat acara. Dengan adanya microsites tsb, maka promotor lebih mudah melakukan pemasaran dan sekaligus berfungsi sebagai tempat menjual tiket kepada langganan mereka. Ticketfly mengandalkan platform cloud (awan) untuk memudahkan promotor memasang merek dagang mereka di setiap microsite. Di situs web ukuran kecil, Ticketfly menyediakan fitur yang memungkinkan promotor membuat daftar acara, mengisi konten, mengirim pesan ke langganan, dan melakukan promosi untuk menarik penonton. Layanan penjualan tiket juga didukung lewat email dan telepon. Sedangkan untuk pemasaran online, Ticketfly lebih banyak mengandalkan jaringan sosial seperti Facebook dan Twitter. Ticketfly juga menyediakan peralatan untuk menganalisa perilaku pelanggan yang berbelanja online supaya promotor menjadi lebih cerdas untuk menjual tiket lebih banyak.

(Images: top, Ticketfly logo; bottom, Ticketfly by the Numbers 2012)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s