Advertisements

Linea: aplikasi untuk mengambil foto, sinkronisasi, menampilkan gambar terbaik dan mengubah foto menjadi album cetak

Linea-logoIde untuk menyediakan layanan berbagi foto bukanlah sesuatu yang baru, karena sudah tersedia beberapa situs web and aplikasi seluler terkemuka seperti Flickr, Facebook, Instagram, dan aplikasi mobile lainnya. Tapi masih juga ada perusahaan startup yang coba adu nasib di arena ini, termasuk sebuah perusahaan startup yang didirikan pada tahun 2011 dan berbasis di kota Seattle yang memakai nama perusahaan sebagai Linea.

Aplikasi foto Linea mengandalkan inovasi teknologi yang berbeda dari penyedia yang sudah ada di pasar. Yang tersedia di pasar hari ini, pengguna melihat satu foto setiap kali. Selanjutnya untuk melihat foto berikutnya pengguna seolah-olah memakai alat pemutar foto atau slideshow. Kelemahan dari aplikasi yang sudah ada, pengguna hanya bisa menampilkan beberapa foto pilihan saja. Sedangkan keistimewaan Linea, aplikasi ini memungkinkan berbagi beberapa set foto sekaligus. Pengguna dapat memutar foto dalam sebuah gulungan tak terbatas, yang berputar tak terhingga dari kiri ke kanan. Pengguna boleh meng-upload dan menambahkan foto setiap saat dan dapat berbagi foto dengan teman dan anggota keluarga.

Malah tidak tanggung-tangung, pengguna bisa memakai fitur MosaicView untuk melihat ratusan ribu foto dengan akses secepat kilat dan secara otomatis fitur ini menampilkan foto yang terbaik. Tim ahli Linea menciptakan algoritma yang sudah dipatenkan dimana fitur ini membaca data, mencari foto terindah dan menampilkan gambar terbaik dalam ukuran besar supaya menonjol diantara foto-foto lainnya. Inovasi teknologi ini membantu tukang potret memilah foto dari beberapa jepretan. Pengguna masih boleh mengatur ulang urutan foto yang sudah dipilih oleh mesin, supaya bisa menyesuaikannya dengan keinginan pengguna.

Linea menyediakan penyimpanan foto dalam resolusi tinggi, dan juga bermitra dengan perusahaan penyimpanan data seperti Dropbox untuk memudahkan sinkronisasi. Pengguna juga bisa memilih foto terbaik dan terindah dari beberapa album, kemudian dikombinasikan menjadi sebuah album pilihan. Album ini kemudian dicetak menjadi sebuah buku foto cetakan yang dapat dikirim langsung ke rumah pengguna.

Linea-appUntuk sementara aplikasi foto ini hanya tersedia bagi pengguna perangkat Apple iOS (iPhone, iPad dan iPod), sedangkan aplikasi untuk perangkat Android masih dalam taraf pengembangan. Aplikasi iOS versi 3.2 diperbarui pada tanggal 14 Mei 2013 dan membutuhkan kapasitas 28.2 MB. techcrunch.com mencatat sejak diluncurkan dalam bentuk beta pada bulan Juli 2012, sudah ada lebih dari 200.000 pengguna hari ini.

Walaupun segmen pasar untuk aplikasi foto sudah diisi oleh beberapa penyedia kaliber dunia, ternyata masih ada investor yang tertarik untuk menanam modal. Minggu ini Linea menerima modal awal sejumlah $4 juta dollar dari beberapa investor yang masih belum diumumkan secara resmi.

(Images: top right, Linea logo via Facebook; middle left, Linea app for website and iOS)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] pintar untuk mengambil foto sudah banyak tersedia di pasar, seperti Instagram, Facebook Kamera, Linea, Cinemagram, dan lain sebagainya. Untuk mengungguli aplikasi lainnya, setiap pengembang aplikasi […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s