Advertisements

Xenex: mensterilkan kamar pasien dengan kekuatan sinar ultraviolet dan memusnahkan bakteri berbahaya di rumah sakit

Xenex-logoLembaga untuk pengendalian dan pencegahan penyakit (CDC) milik pemerintah Amerika memperkirakan ada 2 juta orang yang terjangkit penyakit infeksi ketika sedang berada di rumah sakit setiap tahun. Bahkan ada 23.000 orang meninggal dunia setiap tahun akibat tertular penyakit infeksi yang berasal dari bakteri berbahaya, seperti superbug yang resisten terhadap antibiotik. Akibat fasilitas kesehatan yang tidak bersih, maka biaya tambahan perawatan diperkirakan melampaui $30 miliar dollar per tahun.

Xenex menyediakan layanan berupa perangkat untuk disinfeksi fasilitas kesehatan. Teknologi Xenex menggunakan sinar ultraviolet dengan mengadalkan inovasi xenon system yang sudah dipatenkan. Xenex berupa alat pembersihan fasilitas kesehatan dan menghancurkan berbagai jenis virus berbahaya yang selama ini tidak bisa dimusnahkan dengan cara kuno dan juga berbahaya bagi pasien yang sangat sensitif. Mesin sinar ultraviolet dipasang di robot yang bekerja otomatis untuk mensterilkan kamar pasien. Robot bergerak dari ruang satu ke ruang lainnya di rumah sakit dan membasmi bakteri (superbug) yang sangat berbahaya.

Xenex-DeviceDalam siaran persnya, perusahaan startup ini menyatakan bahwa sudah ada 200 rumah sakit dan fasilitas milik Veterans Affairs (dikenal sebagai rumah sakit para veteran perang) di Amerika yang menggunakan Xenex system. Selanjutnya, Xenex mengungkapkan bahwa hasil penelitian awal membuktikan inovasi teknologi sinar ultraviolet jauh lebih efektif daripada pengunaan bahan kimia yang selama ini dipakai sebagai pembersih di rumah sakit. Kemudian Xenex menambahkan bahwa sudah ada beberapa studi yang dilakukan peneliti sepanjang tahun 2013 ini dan membuktikan bahwa rumah sakit yang sudah menerapkan sistem Xenex mengalami penurunan lebih dari 50 persen dalam hal terjangkit penyakit infeksi. Studi banding tsb membuktikan bahwa teknologi Xenex sangat efektif untuk memusnahkan bakteri berbahaya di lingkungan rumah sakit .

Xenex didirikan pada tahun 2009 di kota San Antonio, Texas. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran pertama sejumlah $11.3 juta dollar yang didukung oleh Battery Ventures, Targeted Technology Fund II dan RK Ventures. Modal baru akan dipakai untuk pengembangan inovasi produk, melakukan ekspansi pasar secara Internasional, dan menambah kantor cabang di kota-kota di Amerika.

(Images: top right, Xenex logo; middle left, Xenex device)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s