Credible: pasar yang menghubungkan lulusan perguruan tinggi dengan pemberi pinjaman, supaya mengurangi pembayaran

Credible-blue-logoSistem pinjaman uang kuliah di Amerika sedang mengalami perubahan drastis, karena sebagian lulusan masih harus membayar cicilan dengan suku bunga tinggi. Sedangkan banyak sarjana belum memiliki pekerjaan tetap akibat resesi ekonomi. Sudah ada beberapa startup mencoba inovasi baru dengan tujuan memperbaiki masalah utang mahasiswa setelah tamat dari perguruan tinggi.

Salah satu perusahaan yang didirikan pada tahun 2013 di kota San Francisco dinamakan Credible. Startup ini menawarkan semacam pasar yang menghubungkan lulusan perguruan tinggi dengan lembaga pemberi pinjaman.

Credible menyediakan alat canggih yang memudahkan lulusan melakukan perbandingan terhadap jumlah utang mereka. Para sarjana dapat segera mengetahui apakah mereka sudah terlanjur membayar suku bunga yang lebih besar, atau segera mengambil tindakan untuk menggantikannya dengan memindahkan utang mereka ke lembaga pemberi pinjaman lainnya.

Credible menyediakan formulir pendaftaran bagi peminjam untuk memasukkan informasi pribadi. Informasi ini kemudian disalurkan kepada pemberi pinjaman, supaya mereka memberikan alternatif tawaran, termasuk pembayaran bulanan yang lebih rendah, suku bunga yang lebih lunak, dan perkiraan penghematan. Jumlah penghematan bagi setiap peminjam bisa mencapai lebih dari $10 ribu per orang selama masa peminjaman.

Menjelang akhir minggu ini, Credible mengumumkan penerimaan pendanaan benih sejumlah $1,5 juta dollar, dimana sejak didirikan sudah mengumpulkan modal kerja sejumlah $2,7 juta dollar.

(Image: top right, Credible logo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s