Toko serba-ada Target meluncurkan layanan pengiriman gratis bagi pemesan $25 per order, untuk bersaing dengan Amazon

Ketika raksasa mesin pencari memperkenalkan Google Shopping Express di kota West Los Angeles dan New York City pada bulan Mei 2014 lalu, suatu layanan pengiriman barang pada hari yang sama, rupanya toko serba-ada Target, Walmart, Costco, segera mempelajari cara kerja Google. Minggu ini Target meluncurkan layanan pengiriman gratis bagi pembeli yang memesan barang minimal $25 per order, dibandingkan sebelumnya pembeli harus berbelanja minimal $50 per order.

Target-com-free-shipping-25-truckTarget berusaha untuk tetap relevan di dunia e-commerce. Target sedang menghadapi tantangan yang sangat kompetitif dan bersaing ketat dengan Amazon, Walmart, dan beberapa pendatang baru seperti Boxed, Jet, dan lainnya. Saingan utama Target saat ini adalah Amazon, dimana sebelumnya kedua perusahaan ini menjalin kemitraan untuk urusan e-commerce sampai tahun 2011 lalu. Amazon masih memaksakan pembeli berbelanja minimal $35 per order untuk mendapatkan pengiriman gratis, tapi mereka akan segera mengikuti jejak Target.

Bisnis model yang mengandalkan layanan pengiriman barang secara kilat, alias dalam waktu kurang dari 24 jam semakin menjamur di Silicon Valley dan kota-kota besar di Amerika. Penyelenggara pengiriman barang secara kilat sudah dikembangkan oleh beberapa perusahaan startup, seperti Postmates, Uber Rush, Deliv, dan Shutl.

Keunggulan Target terletak pada tawaran untuk pembeli mengambil barang di toko lokal, sehingga tidak perlu menunggu lama. Demikian pula, pembeli boleh membawa barang yang tidak cocok dan dikembalikan ke toko setempat. Ini jelas lebih unggul dari Amazon yang tidak memiliki toko lokal. Keunggulan lainnya, bagi pelanggan Target yang memakai kartu kredit REDcard, mereka akan menerima diskon 5% dan pengiriman juga gratis.

Kesimpulannya, Target harus bergerak cepat dalam urusan pengiriman barang secara kilat dan gratis. Strategi ini merupakan upaya memikat pelanggan berbelanja lebih banyak. Kehadiran toko setempat memberikan jaminan bagi pelanggan untuk bisa menukar barang setiap saat, tanpa harus mendatangi kantor pos untuk mengirim barang kembali ke toko e-commerce. Keberadaan toko lokal merupakan ekstra point yang sangat penting bagi Target untuk terus bersaing dengan Amazon.

Target-com-free-shipping-25-homepage

(Images: middle left, Target truck; bottom, Target homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s