Advertisements

Panna: menggandeng Silicon Valley dan Hollywood, sambil menyediakan pelajaran memasak yang dibimbing koki terkenal

panna-logoAda berbagai macam aplikasi resep masakan yang tersedia untuk pengguna perangkat ponsel pintar dan tablet komputer yang dijual di toko App Store. Kebanyakan aplikasi yang ada di pasar hanya menyediakan tulisan cara memasak dan gambar foto masakan. Kelebihan aplikasi Panna terletak pada inovasi teknologi yang menghubungkan keahlian komputer programmer Silicon Valley dengan keahlian membuat video dari Hollywood.

Panna didirikan oleh David Ellner, mantan eksekutif tingkat tinggi di perusahaan hiburan 19 Entertainment yang dikenal sebagai pembuat acara TV terpopuler, seperti American Idol, So You Think You Can Dance, dan lain sebagainya. Setelah menghabiskan waktu 25 tahun di industri hiburan, David Ellner mengandalkan pengalaman di Hollywood untuk menjalin kemitraan dengan koki terkenal di acara TV sambil membuat aplikasi ponsel yang memuat resep masakan lezat.

Panna-iOS-appUntuk sementara aplikasi Panna hanya tersedia untuk perangkat yang dijalankan oleh sistem operasi Apple iOS, termasuk perangkat iPhone dan iPad. Aplikasi versi 2.1 diperbarui pada tanggal 30 Maret 2013 dengan kapasitas 12.8 MB. Aplikasi ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris.

Teknik pemasaran aplikasi ini seperti cara kerja majalah yang diterbitkan setiap dua bulan, atau 6 kali penerbitan per tahun. Harga eceran $5 dollar, sedangkan harga langganan $15 dollar per tahun. Selama promosi, isu pertama boleh di-download secara gratis di toko App Store. Setiap isu akan memuat 13 macam resep masakan dari beberapa koki terkemuka yang ikut berpartisipasi. Setiap koki akan menerima bayaran dalam bentuk uang royalty berdasarkan jumlah lisensi yang terjual.

Dari 13 macam masakan dan ditambah satu masakan istimewa, setiap koki akan memberikan panduan dan teknik memasak resep favorit bagi pengguna dalam bentuk video rekaman. Koki akan memberikan pelajaran dari awal penyajian sampai menjadi masakan, hal ini membantu pengguna mempraktekannya di dapur rumah sendiri.

Pada awal berdirinya, Panna ikut berpartisipasi menarik modal melalui Kickstarter, suatu cara mengumpulkan uang melalui khalayak ramai. Minggu ini Panna menerima tambahan modal sejumlah $1,35 juta dollar yang dipimpin oleh Anthem Ventures dan didukung oleh beberapa investor termasuk Crosslink Ventures, Maveron (Seattle), Launchpad LA (Los Angeles), dan juga oleh beberapa investor lainnya yang bersifat pribadi.

(Images: top right, Panna logo; middle left, Panna iOS app; click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s