Advertisements

Humane Eating Project: aplikasi lokasi restoran yang melayani hidangan dengan memperlakukan hewan secara manusiawi

America-for-animals-logo-Saat ini sedang terjadi suatu gelombang perubahan gaya hidup orang di Amerika, dimana ada beberapa organisasi nirlaba sedang giat meluncurkan program untuk mendorong perubahan dramatis yang selama ini dilakukan oleh sumber pangan, pengusaha ternak, dan produsen produk dari hewan. Program-program baru untuk memberikan informasi kepada konsumen supaya menghindari tempat makan (restoran) yang selama ini menghidangkan makanan yang berasal dari peternak yang melakukan kekejaman terhadap hewan ternak. Pada waktu bersamaan, organisasi nirlaba juga mempromosikan restoran yang memperlakukan hewan secara manusiawi di dalam komunitas mereka. Hampir semua program dipersembahkan dengan mengandalkan inovasi teknologi, seperti membangun situs web dan mengembangkan aplikasi seluler untuk menyatukan pendukung dan berbagi informasi. Kehadiran aplikasi seluler juga dapat dipakai sebagai wadah untuk mengajak orang-orang yang peduli untuk ikut berpartisipasi.

Organisasi nirlaba seperti America for Animals memiliki kekuatan massa dengan memantau penyalahgunaan hewan, sambil mempromosikan upaya advokasi untuk melawan kekejaman terhadap hewan. Organisasi semacam ini memiliki pengaruh besar terhadap sumber pangan di Amerika, dimana seringkali perusahaan yang memproduksi makanan dari hewan harus menghentikan operasi atau memutuskan hubungan kerja dengan peternak yang lalai. Contohnya, menjelang akhir bulan November 2013 perusahaan pengolahan daging terbesar di Amerika Tyson Foods harus membatalkan kontrak dengan peternak babi di Oklahoma setelah tayangan video dari stasiun NBC menunjukkan penyalahgunaan hewan di kandang peternakan. Bahkan restoran terkemuka dan fast-food juga harus menghentikan penjualan (misalnya, hamburger) apabila diketahui pabrik peternakan sapi yang menyediakan daging telah melakukan kekejaman. Organisasi seperti America for Animals terus menerus menghimbau konsumen yang peduli supaya mengambil keputusan yang benar setiap hari.

Humane-eating-project-iOS-app-America for Animals sedang dalam proses membangun aplikasi Humane Eating Project yang memungkinkan konsumen menemukan lokasi restoran (sementara hanya tersedia untuk iOS). Dengan dukungan khalayak ramai dan media sosial, tujuan proyek ini membantu konsumen supaya menemukan restoran terdekat yang melayani hidangan yang bebas dari kekejaman dan peternak sudah melakukan hal yang benar terhadap hewan ternak. Aplikasi ini menyediakan daftar restoran yang menyediakan makanan sayuran tanpa daging (vegetarian) dan makanan dari daging yang diperlakukan secara manusiawi.

Aplikasi Humane Eating Project dilengkapi dengan fitur lokasi dengan menggunakan peta yang disediakan oleh Google, daftar restoran setempat, arah jalan, dan ulasan dari konsumen. Pengguna aplikasi dapat berbagi informasi tentang restoran melalui jaringan sosial, memberi rekomendasi kepada teman-teman, dan menulis komentar tentang restoran yang sudah dikunjungi.

America for Animals didirikan pada tahun 2012 dan berbasis di kota San Diego, di selatan kota Los Angeles.

(Images: top right, America for Animals logo; middle left, Humane Eating Project iOS app)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s