Pemerintah kota San Francisco membuka kantor untuk mengatur layanan penyewaan akomodasi, rumah liburan jangka pendek

San-Francisco-sealSemakin menjamurnya tempat penyewaan akomodasi jangka pendek yang dipopulerkan oleh startup Airbnb, Onefinestay, Inspirato, menyebabkan pemerintahan kota-kota di Amerika bekerja keras merumuskan inovasi undang-undang baru supaya ada penegakan hukum hunian di kawasan perumahan dan perkantoran. Sudah banyak pelanggaran yang terjadi sejak penggunaan bisnis model ekonomi berbagi yang dipakai orang-orang dengan tujuan mencari untung. Layanan akomodasi yang dapat dipesan secara online sebagai pengganti hotel, termasuk menyewakan rumah, kamar tidur pribadi, apartemen, dan condo.

Pada tanggal 2 Juli 2015 ini, walikota Edwin Lee mengumumkan bahwa pemerintah kota San Francisco resmi membuka kantor khusus untuk mengatur dan mengawasi layanan penyewaan akomodasi dan rumah liburan jangka pendek. Hebatnya, pemerintah lokal bersedia menyediakan kantor khusus menangani urusan penyewaan rumah yang dikembangkan oleh startup Airbnb. Ini baru pertama kalinya terjadi di dunia, dan hanya ada di Silicon Valley. Kantor ini dikenal dengan nama Office of Short Term Rental Administration and Enforcement. Semua urusan ijin penyewaan akomodasi jangka pendek, sekarang berada di bawah satu atap dan hanya satu kali stop bagi pemilik properti.

Mulai tanggal 30 Juli ini, bertempat di kantor perencanaan tata kota, ada enam staf akan merancang peraturan, mendidik masyarakat yang akan menyewakan rumah mereka, dan melakukan inspeksi ke lapangan. Walaupun menerima anggaran minimal dari walikota, tapi untuk jangka panjang, maka biaya operasi kantor ini akan dipungut dari pajak tempat penyewaan.

Sejak rumusan baru tentang peraturan penyewaan di kota San Francisco diberlakukan pada tanggal 1 Februari 2015, sudah lebih dari 500 pemilik properti yang mendaftarkan diri. Mereka menyediakan lebih dari 5 ribu tempat penyewaan di berbagai pelosok kota. Masih banyak yang menyewakan rumah secara tersembunyi, tapi walikota menyarankan mereka untuk segera mendaftarkan diri.

Pemerintah kota San Francisco akan segera membatasi jumlah hari penyewaan selama satu tahun kalender. Sebagian pejabat sudah setuju untuk membiarkan pemilik rumah menyewakan properti mereka untuk jangka 120 hari per tahun, tapi sebagian lagi hanya menyetujui maksimal 60 hari per tahun. Dua kubu akan segera mengambil jalan tengah yang terbaik untuk masa depan kota yang dikenal dengan sebutan Golden Gate ini.

(Image: top right, San Francisco seal)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s