Advertisements

Shapeways: memungkinkan pengguna merancang, menyimpan dan mencetak produk 3D, sekaligus berfungsi sebagai pasar

Shapeways-Facebook-photosSaat ini sedang terjadi perubahan besar di dunia teknologi industri, dimana sebagian konsumen cenderung memilih produk yang dapat dipersonalisasi sesuai selera mereka. Kalau dulu seorang pengguna membeli aksesori di mall yang di buat dalam jumlah banyak, sehingga orang lain juga bisa mencontoh dan memiliki gaya dan corak mode yang sama, maka sekarang banyak konsumen memilih produk yang hanya di cetak satu kali saja.

Perkembangan inovasi pencetakan 3D semakin maju. Perusahaan startup Shapeways memungkinkan setiap individu memiliki kontrol terhadap produk yang mereka inginkan. Daripada memakai aksesori dengan corak mode yang sama orang lain, maka sekarang setiap individu bisa merancang sendiri, kemudian meng-upload desain ke Shapeways, dan sekaligus mencetak hasil karya mereka dengan mesin pencetakan 3D.

Keunggulan Shapeways, pengguna dapat memilih bahan, warna, ukuran, yang sesuai dengan selera mereka. Ada 50 macam jenis bahan, termasuk emas, stainless, plastik, dan lainnya. Demikian pula, pengguna dapat memilih tempat pencetakan yang berlokasi di kota New York City atau kota Eindhoven, Belanda.

Shapeways juga menyediakan pasar bagi perancang memajang hasil desain mereka, sekaligus membangun satu komunitas penggemar. Dengan dukungan teknologi e-commerce bagi penggemar berbelanja online, maka mereka dapat memesan produk dengan jenis bahan dan warna yang sesuai keinginan mereka.

Shapeways berhasil menjalin kemitraan dengan 30.000 perancang yang menggunakan teknologi 3D untuk memperluas pasar dan memperdagangkan hasil karya mereka kepada 620.000 penggemar. Dengan dukungan perancang yang handal, maka database Shapeways sudah menyimpan 2,5 juta hasil karya yang dapat dicetak setiap waktu.

Startup ini didirikan pada tahun 2007 dan berbasis di Philips High Tech Campus di negara Belanda. Kemudian meluncurkan layanan pertama kali pada bulan Juli 2008. Shapeways meresmikan pabrik pencetakan 3D pada bulan Desember 2010 di kota Eindhoven, Belanda, dan sekaligus membuka kantor cabang di kota New York pada waktu yang sama. Pabrik di New York baru diresmikan pada tahun 2012.

Minggu ini Shapeways mengumumkan penerimaan pendanaan putaran ke-empat (Seri D) sejumlah $30 juta dollar yang dipimpin oleh INKEF Capital. Pendukung modal pada putaran ini termasuk Hewlett Packard dan Presidio Ventures. Penyedia dana dari putaran sebelumnya juga ikut menambah modal kerja, termasuk Union Square Ventures, Index Ventures, Lux Capital dan Andreessen Horowitz. Sejak didirikan sudah mengumpulkan modal kerja sekitar $78,5 juta dollar.

Shapeways-homepage

(Images: top right, Shapeways 3D products via Facebook; bottom, Shapeways homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s