Advertisements

Kill Switch: semua ponsel pintar yang dijual di California harus dilengkapi dengan ‘saklar membunuh’ mulai 1 Juli

kill-switch-smartphone-California-Juli-2015California yang merupakan negara bagian terbesar di Amerika dengan perekonomian yang menduduki urutan nomor enam di dunia, memberlakukan undang-undang perlindungan terhadap pemilik ponsel pintar mulai hari ini, 1 Juli 2015. Penjual smartphone harus memungkinkan pengguna mengunci ponsel dari jarak jauh atau dikenal dengan ‘Kill Switch’ atau ‘saklar membunuh.’ Keuntungan bagi konsumen ponsel yang dicuri tidak dapat digunakan lagi dan sangat sulit dijual sebagai produk second hand.

Undang-undang SB 962 sudah digodok sejak awal tahun 2014, diprakarsai oleh Senator Mark Leno dan didukung oleh Jaksa Agung George Gascón. SB 962 mengharuskan semua ponsel pintar dilengkapi dengan tombol membunuh. SB 962 sudah resmi disahkan dan berlaku sejak tanggal 1 Januari, tapi baru diterapkan secara umum mulai 1 Juli 2015. Pejabat pemerintah terus mendorong konsumen untuk selalu menyalakan ‘Kill Switch’ demi menjaga keamanan data yang tersimpan di ponsel. Demikian pula memudahkan pihak berwajib ketika melakukan pelacakan apabila terjadi kehilangan.

Mark-Leno-logoMenurut beberapa hasil riset yang dilakukan oleh para peneliti, seperti majalah terkemuka Consumer Reports, menyatakan bahwa pencurian ponsel pintar mengalami penurunan sekitar 30 persen selama dua tahun terakhir ini. Kalau pada tahun 2013 ada 3,1 juta orang Amerika yang kehilangan ponsel, maka pada tahun 2014 hanya menimpa 2,1 juta orang.

Supaya konsumen selalu waspada ketika membeli ponsel baru yang sudah dilengkapi ‘Kill Switch’ di toko-toko pengecer, maka semua toko pengecer seperti BestBuy, MetroPCS, Walmart, harus mematuhi hukum baru. Pemerintah California akan memunggut denda antara $500 sampai $2.500 untuk setiap pelanggaran yang dilakukan oleh toko pengecer.

Bagi yang berprofesi sebagi pencuri ponsel maka sebaiknya segera mengambil langkah-langkah penting untuk tidak melakukan tindak kejahatan terhadap ponsel pintar yang dijual di negara bagian California. Selain barang curian tidak bisa dijual di pasar second hand, ponsel hasil curian juga tidak bisa dipasangi dengan kartu SIM untuk menangkap sinyal dari operator seluler di seluruh Amerika. Peraturan yang sudah diberlakukan di California biasanya juga akan dicontoh oleh negara bagian lainnya di Amerika. Tidak heran, pemerintah negara-negara lain di dunia juga akan segera mengambil tindakan yang sama dengan California.

(Images: top right, Kill Switch; middle center, California’s Senator Mark Leno homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s