Advertisements

Pendiri perusahaan raksasa Apple, mendiang Steve Jobs akan diabadikan di perangko Amerika pada tahun 2015

Steve-Jobs-perangkoMendiang Steve Jobs akan segera bergabung dengan jajaran orang-orang terkenal yang akan diabadikan di perangko Amerika. Akhir minggu ini surat kabar terkemuka di ibukota negara adikuasa, The Washington Post mendapat bocoran dari sebuah daftar orang-orang yang akan muncul pada perangko Amerika untuk tahun 2014, 2015, dan tahun-tahun yang akan datang.

Wajah pendiri perusahaan raksasa dan mantan CEO Apple akan dipasang di perangko untuk tahun 2015. Steve Jobs akan setara dengan pahlawan dan bekas presiden (Lincoln, Eisenhower), istri presiden (Lady Bird Johnson), penyanyi (Ray Charles, John Lennon, Elvis Presley), bintang film (Charlton Heston, aktor film Ben-Hur), pemain olahraga (Joe DiMaggio, Wilt Chamberlain), dan gambar film kartun (Dora the Explorer, Rudolph the Red-Nosed Reindeer, Peanuts, Toy Story).

Steve Jobs lahir pada bulan Februari tahun 1955 dan meninggal dunia pada usia 56 tahun pada bulan Oktober 2011. Kalau perangko Steve Jobs akan diluncurkan pada tahun 2015, dia baru genap empat tahun sejak meninggal.

US-postal-stamps-Lady-Bird-Johnson-Steve-Jobs-2015Menurt peraturan sebelum tahun 2011, hanya seseorang yang sudah meninggal dunia minimal lima tahun baru boleh dipajang di perangko. Akan tetapi kantor pos Amerika sedang menghadapi krisis anggaran keuangan dan menderita kerugian bermiliar-miliar dollar per tahun. Ini akibat semakin merosotnya aktivitas surat-menyurat, yang mana surat sudah diganti oleh inovasi teknologi email dan pesan SMS. Dengan memajang tokoh terkenal masa kini, kantor pos Amerika berharap meningkatkan pendapatan, terutama dari kalangan kolektor perangko yang suka menyimpan perangko langka dalam jumlah besar.

Sejak tahun 1957, pemilihan seseorang untuk muncul di perangko dilakukan oleh sebuah komite yang terdiri atas 12 orang penasihat dari warga biasa. Komite ini menyeleksi puluhan ribu usulan dan menetapkan sebuah daftar untuk rencana tahun-tahun yang akan datang. Setiap anggota masyarakat dapat menyarankan tokoh masa kini, menarik, berpendidikan, dan keturunan orang Amerika. Baru sekali terjadi dimana kantor pos Amerika memilih seorang terkenal dari luar negeri yang di pasang di perangko yaitu Mother Teresa pada tahun 2010.

(Images: top right, Steve Jobs portrait via Wikipedia; middle left, the USPS products showing Lady Bird Johnson and Toy Story stamps, photographed by Inovasi.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s