Advertisements

Google Shopping Express melakukan ekspansi pengiriman barang pada hari yang sama di Manhattan dan West Los Angeles

Google-Express-West-Los-AngelesApakah anda tiba-tiba menyadari bahwa anak anda di kelas satu SD harus membawa t-shirt dan celana panjang warna hitam polos untuk pertunjukan drama di sekolah besok pagi, sedangkan anda masih harus menyelesaikan tugas di kantor dan tidak mungkin berbelanja ke toko hari ini? Google Shopping Express sekarang sudah hadir di kota Manhattan (New York City) dan West Los Angeles. Layanan inovasi ini menawarkan pengiriman barang pada hari yang sama dari beberapa toko terkemuka. Barang yang anda pesan akan segera tiba di depan pintu rumah anda dalam hitungan jam.

Google Shopping Express diluncurkan pertama kali di kota San Francisco pada bulan September 2013. Hari ini mulai melayani warga yang tinggal di bagian barat kota LA termasuk daerah hunian Culver City, Inglewood, Marina Del Rey, Santa Monica, Venice, West LA, dan Westwood. Bulan depan akan meluaskan layanan ke bagian tengah kota LA, termasuk daerah hunian elite Bel-Air, Beverly Hills, Pacific Palisades, Playa del Rey, Playa Vista dan West Hollywood.

Di kota Los Angeles, Google Shopping Express bermitra dengan toko-toko favorit seperti Costco (toko serba-ada untuk jumlah lusinan), Guitar Center (toko peralatan musik), L’Occitance (toko perawatan kulit), Smart & Final (toko kelontong), Staples (toko peralatan kantor), Target (toko serba-ada), Toys “R” Us (toko mainan anak-anak), dan Walgreens (pharmasi dan toko kelontong).

Pelanggan cukup memilih produk yang tersedia di toko serba-ada dan toko special secara online. Pelanggan memesan barang melalui situs web, atau menggunakan ponsel pintar dengan memakai aplikasi yang dijalankan dengan system operasi Android atau iOS. Pelanggan harus mematuhi jendela pengiriman yang terdiri atas pukul 09:00-1:00, 13:00-17:00, atau 18:00-21:00.

Google Shopping Express tidak memungut biaya pengiriman. Pelanggan membayar harga barang yang tertera di toko. Bagi yang sering memakai kartu anggota toko untuk mengumpulkan loyalitas poin, pelanggan juga tetap menerima poin dari toko yang bersangkutan. Demikian pula kalau toko memberikan diskon pada produk tertentu, pelanggan masih tetap menerima harga khusus.

Google-Express-$10-to-spend-on-first-purchaseLayanan Google Shopping Express mengandalkan teknologi inovasi peta kota dan pengiriman canggih yang tepat waktu. Oleh karena itu, sedang dikaji oleh para peneliti perdagangan, para pengembang toko pengecer dan showroom. Saat ini sedang terjadi pergeseran paradigma dalam melakukan transaksi, dimana pelanggan yang biasanya harus menyetir mobil ke toko dan mengambil barang, sekarang berubah berbelanja lewat online dan menerima kiriman barang di depan pintu. Kehadiran layanan Google dapat menolong toko pengecer yang sedang menghadapi tantangan hebat dari raksasa e-commerce Amazon dan Wal-Mart. Dengan bantuan Google, toko pengecer seolah-olah berubah menjadi menjadi pusat distribusi di setiap daerah hunian di suatu kota metropolitan.

(Images: top right, Google Shopping Express, Los Angeles; bottom left, Google Shopping Express homepage)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] makanan, pengiriman barang belanja di dunia e-commerce sedang berkembang pesat. Banyak pembeli online ingin segera mendapatkan barang […]

  2. […] raksasa mesin pencari memperkenalkan Google Shopping Express di kota West Los Angeles dan New York City pada bulan Mei 2014 lalu, suatu layanan pengiriman […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s