Advertisements

Ring: bel pintu dengan fitur video yang dihubungkan ke ponsel pintar, seolah-olah penghuni selalu berada di rumah

Ring-device-satin-nickelSebagian besar penghuni rumah tidak selalu berada di kediaman mereka, karena sedang bekerja atau berlibur keluar kota. Ketika tamu atau pengantar paket barang mengetuk pintu dan menekan tombol bel, maka melalui peralatan modern berupa kamera digital dapat secara otomatis mengirimkan video ke perangkat ponsel pintar. Dengan membuka aplikasi untuk perangkat yang dijalankan dengan iOS dan Android, maka pemilik rumah bisa memonitor setiap aktivitas dari jarak jauh.

Ring menciptakan inovasi bel pintu dengan fitur untuk mengirimkan video. Bel pintu ini terhubung ke jaringan Internet melalui WiFi sehingga bisa secara otomatis mengirimkan video ke perangkat mobile. Ketika peralatan diaktifkan, pemilik rumah dapat berbicara dengan tamu dan memutuskan untuk memberi ijin masuk ke dalam rumah. Ring berfungsi sebagai alat memberitahu tamu seolah-olah penghuni selalu berada di rumah

Selain itu, Ring juga menyediakan alat deteksi gerakan, sehingga dapat mengirimkan pesan peringatan ke penghuni rumah, sekaligus menyiarkan video langsung ke ponsel pintar. Ring juga merekam video dan disimpan di tempat penyimpanan berbasis cloud. Video yang tersimpan dapat dipakai untuk membantu detektif menemukan orang yang melakukan tindak kejahatan. Karena bisa melakukan deteksi gerakan, maka alat ini dipakai oleh pemilik rumah yang sedang berada di jarak jauh untuk memantau suasana di sekitar pintu utama dan halaman rumah.

Tim ahli dan insinyur di perusahaan startup ini terus menambah fitur dan mengembangkan inovasi produk. Baru-baru ini meluncurkan alat ekstensi berupa speaker kecil, yang dapat berbunyi di ruang lain, ketika penghuni sedang melakukan kegiatan di belakang rumah.

Untuk memperluas pasar, Ring menjual bel pintu canggih ini di berbagai toko, termasuk toko elektronik Best Buy, toko bangunan Home Depot, toko barang-barang aneh Brookstone, toko serba-ada Target, dan toko online terbesar di dunia Amazon.

Ring sebelumnya memakai nama perusahaan sebagai Doorbot. Startup ini didirikan di kota Santa Monica, pantai barat kota Los Angeles, pada tahun 2011. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran kedua (Seri B) sejumlah $28 juta dollar yang dipimpin oleh pendiri perusahaan Virgin Sir Richard Branson, American Family Insurance, dan Shea Ventures. Pendukung modal lainnya termasuk True Ventures, Upfront Ventures, dan Sky Dayton (mantan CEO Earthlink). Dengan tambahan modal terbaru ini, maka perusahaan startup ini mempunyai nilai pasar sekitar $60 juta dollar.

(Images: top right, Ring video doorbell; bottom, click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s