Advertisements

Apiary: memudahkan pengembang merancang aplikasi, menyimpan dokumentasi antarmuka, sekaligus melakukan pengujian

Apiary-logotype-3D-on-whitePengembang web dan mobile merancang aplikasi biasanya menggunakan server berbasis cloud. Ada sebagian masih menggunakan server pribadi dan hanya dapat diakses secara privat. Setelah menyelesaikan tahap pemrograman, maka sudah tiba saatnya untuk melakukan pengujian. Untuk tugas ini, pengembang biasanya menggunakan layanan dari pihak lain atau melalui toko aplikasi (misalnya, Google Play), supaya aplikasi berjalan seolah-olah di dunia nyata.

Apiary memudahkan pengembang merancang aplikasi dengan menggunakan API. Selanjutnya, startup ini membantu pengembang melakukan dokumentasi antarmuka, dari semua tahapan pengembangan seperti alpha, beta dan hasil akhir. Dengan API, maka hasil rancangan dapat diintegrasikan dengan perangkat lunak yang menggunakan kode programming terbaru (misalnya, Android versi 5 ke versi 6).

Bersama pendanaan putaran terbaru, Apiary meluncurkan inovasi fitur lebih canggih. Fitur ini membantu pengembang melakukan pengujian, supaya hasil rancangan bekerja sesuai rencana. Pengujian untuk memastikan semua kode programming sesuai dengan system operasi terbaru. Di samping itu, setiap kali pengembang melakukan perubahan kode dan antarmuka, maka pengembang juga secara otomatis bisa menggunakan server Apiary untuk melakukan uji-coba.

Kehadiran peralatan API cerdas yang diciptakan oleh Apiary merupakan inovasi teknologi terkini, yang mulai banyak digunakan oleh pelanggan dari kalangan perusahaan besar. Mereka bersedia membayar ongkos berlangganan, supaya bisa melakukan uji-coba aplikasi sebelum diluncurkan ke konsumen. Dafter klien dari kalangan perusahaan besar seperti Akamai, Bloomberg, Microsoft, Nike, dan Salesforce.

Saat ini Apiary berhasil menjalin kemitraan dengan sekitar 130.000 pengembang yang sudah menciptakan lebih dari 170.000 API. Ada lebih dari 1,8 juta pengguna yang memakai aplikasi yang dirancang oleh pengembang dengan mengandalkan layanan Apiary.

Apiary didirikan pada bulan April tahun 2011 dan bermarkas di kota San Francisco. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $6,8 juta dollar yang didukung oleh Flybridge Capital, Baseline Ventures, dan Credo Ventures. Sejak didirikan sudah mengumpulkan modal sekitar $8,6 juta dollar.

(Image: top right, Apiary logo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s