Advertisements

Verizon Wireless luncurkan inovasi akses prabayar harian $5 per 24 jam dan menghubungkan tablet ke jaringan Internet

Kepemilikan perangkat komputer tablet semakin bertumbuh pesat di Amerika tahun ini. Menurut laporan dari Pew yang dipublikasikan bulan lalu, orang Amerika usia 16 keatas yang memiliki tablet sudah mencapai 35 persen dari populasi pada bulan September 2013, dibandingkan hanya 25 persen pada bulan November 2012 (naik 10 persen). Perangkat komputer tablet yang paling populer termasuk Apple iPad, Samsung Galaxy Tab, Google Nexus Tablet, Amazon Kindle Fire, Microsoft Surface, dan lain sebagainya.

Bagi pengguna tablet yang ingin mengirit biaya data seluler bulanan yang rata-rata bisa mencapai sekitar $50 untuk data plan 6 GB, mereka cenderung menghubungkan tablet ke jaringan Internet melalui koneksi Wi-Fi di rumah. Ketika sedang berada di luar rumah atau bepergian keluar kota, pengguna biasanya memakai jaringan Wi-Fi gratis yang sudah disediakan oleh kedai kopi Starbucks, tempat konferensi, perkantoran, bandara atau hotel. Tetapi masih ada sebagian besar pengguna yang menyangsikan keamanan jaringan gratis yang tersedia di lokasi tertentu.

Verizon Wireless melihat pasar untuk pengguna yang ingin menghubungkan tablet ke jaringan 4G LTE untuk jangka pendek, misalnya hanya untuk penggunaan beberapa jam pada hari-hari tertentu. Menjelang akhir minggu ini, perusahaan operator seluler terbesar di Amerika ini resmi meluncurkan inovasi akses prabayar harian $5 per 24 jam dan dibatasi penggunaan data sebanyak 300 MB. Pengguna harian cukup membayar $5 tanpa biaya tambahan. Apabila sudah melampaui batas 300 MB sebelum 24 jam, pengguna boleh membeli tambahan 300 MB data dengan membayar ekstra $5. Paket harian $5 termasuk harga yang wajar dengan kapasitas 300MB terutama pada saat di luar jangkauan Wi-Fi, karena data plan sebesar ini mampu menghubungkan akses email, berselancar ke situs web, dan meng-update status atau meng-upload beberapa foto ke jaringan sosial Facebook.

Bagi yang ingin menggunakan layanan terbaru ini, pengguna terlebih dahulu meminta kartu SIM dari Verizon dan sudah di pasang ke perangkat tablet. Setelah itu pengguna mendaftarkan diri dengan mengunjungi portal situs web Verizon. Di portal ini pengguna memilih paket layanan harian dan kemudian Verizon menghubungkan perangkat tablet ke jaringan Internet. Tergantung lokasi kota-kota besar di Amerika, pengguna bisa menerima sinyal 3G atau sinyal 4G LTE. Karena hanya membayar kalau menggunakan dan tidak ada kontrak atau komitmen, maka Verizon membiarkan pengguna melakukan uji-coba satu kali atau lebih setiap bulan, ataupun melakukan koneksi setiap hari.

Saat ini sedang terjadi perubahan bisnis model layanan data untuk perangkat seluler (ponsel pintar dan tablet) di Amerika. Semua operator berusaha meraup pasar yang besar dengan mengikuti strategi baru yang kerap kali terlebih dahulu diluncurkan oleh T-Mobile. Beberapa bulan yang lalu, dua saingan utama Verizon sudah meluncurkan layanan yang mirip. Operator seluler kedua terbesar AT&T sudah menawarkan paket harian seharga $5 untuk 250 MB data. Sedangkan T-Mobile memberi jatah 200 MB data gratis per bulan untuk semua pembeli iPad terbaru, asalkan perangkat tsb dibeli di toko T-Mobile atau menjadi langganan tetap operator seluler nomor empat terbesar di Amerika ini.

Verizon-tablet-prepaid-5-dollar-300MB

(Image: bottom, Verizon’s new monthly prepaid plans)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s