Advertisements

AT&T hanya menawarkan satu paket: operator seluler kedua terbesar di Amerika akan memangkas semua pilihan layanan

att-logoSetelah memperkenalkan inovasi nirkabel generasi keempat (LTE) dan layanan data-plan dengan cara berbagi (share) bagi satu keluarga setahun lalu, perusahaan operator seluler terbesar nomor dua di Amerika akan memangkas semua pilihan layanan bagi pelanggan baru. Bagi pelanggan lama yang sudah memiliki ponsel pintar dan meneken kontrak jangka panjang, mereka masih tetap membayar iuran bulanan dengan harga lama.

Dalam sebuah blog post, AT&T menyatakan bahwa mulai tanggal 25 Oktober 2013, operator seluler ini hanya menawarkan satu paket data-plan berbagi untuk satu keluarga. Data-plan ini direncanakan untuk satu keluarga yang memiliki berbagai macam jenis perangkat termasuk ponsel pintar, laptop, tablet, alat hotspot, dan telepon rumah. AT&T ingin mempersempit jumlah paket penawaran yang tersedia bagi pelanggan. Hal ini dilakukan berdasarkan hasil riset yang menyatakan bahwa lebih dari 13 juta pelanggan sudah cocok dengan paket berbagi yang diluncurkan tahun lalu. Malah AT&T menambahkan bahwa 95% pelanggan baru memilih paket berbagi daripada paket perorangan.

Contoh paket berbagi untuk keluarga yang berlangganan 10 GB data-plan akan dikenakan biaya $120 per bulan, dimana setiap perangkat ponsel pintar akan dikenakan biaya tambahan $30 per unit. Kalau satu keluarga memiliki empat ponsel pintar, maka akan membayar iuran $240 per bulan, atau rata-rata $60 per unit. Paket berbagi keluarga juga memberikan keleluasaan bagi pelanggan berbicara tanpa batas dan mengirim SMS teks tak terbatas di dalam negeri.

Walaupun paket berbagi hanya tersedia untuk satu keluarga yang memiliki beberapa perangkat, AT&T tidak menutup pasar bagi pengguna perorangan. Sebagai penawaran termurah, AT&T juga menyediakan paket bulanan dengan iuran $20 bagi perorangan. Pengguna dibatasi hanya boleh memakai 300 MB data. Setiap pengguna membayar biaya tambahan sejumlah $50 untuk setiap ponsel pintar. Jadi paket perorangan total $70 per bulan.

Gebrakan untuk menyederhanakan paket penawaran dari perusahaan AT&T yang berbasis di negara bagian Texas sepertinya mengikuti jejak saingannya T-Mobile, dimana perusahaan nomor empat ini sangat agresif meluncurkan penawaran dengan mengandalkan bisnis model yang sangat inovatif sejak awal tahun 2013 ini. Bahkan AT&T juga mencontoh cara kerja T-Mobile Jump yang diluncurkan awal bulan Juli 2013. AT&T kemudian meluncurkan paket Next akhir bulan Juli 2013. Cara kerjanya, operator seluler menghentikan subsidi untuk perangkat ponsel, dimana pelanggan membayar perangkat dengan cara cicilan per bulan dan boleh meminta operator seluler mengganti perangkat ponsel mereka setiap 6 bulan atau setiap 12 bulan. Misalnya, AT&T Next menyediakan ponsel pintar Apple iPhone 5S 16 GB dengan harga cicilan $27 per bulan selama 20 bulan. Setelah membayar cicilan 12 bulan dari tanggal meneken kontrak (misalnya, Oktober 2013), pelanggan boleh menukar ponsel lama dengan ponsel iPhone generasi terbaru (misalnya, iPhone 6 pada bulan Oktober 2014).

AT&T-Mobile-Share-Plans

(Images: top right, AT&T logo; bottom, AT&T Mobile Share Plans)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] e-commerce, telekomunikasi, asuransi, perbankan, biro perjalanan dan travel. Daftar klien termasuk AT&T, eBay, Office Depot, Lenovo, dan AIG […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s