Advertisements

ElectNext: menyediakan data terbuka di atas liputan berita untuk permudah mendapatkan informasi tentang politik

ElectNext-logoPenggunaan data dalam ukuran yang sangat besar untuk memenangkan pemilu merupakan tren terbaru di arena politik di Amerika. Pada saat berlangsungnya pemilu bulan November 2012 lalu, para ahli analis data menggunakan inovasi teknologi mendulang data untuk membantu kandidat dan calon pejabat di tingkat nasional mengamankan masa jabatan mereka. Selama masa kampanye, data dipakai untuk mengukur dan melacak pendapat dari pemilih ketika kandidat berbicara tentang isu-isu penting (seperti menaikkan tarif pajak, pemulihan status imigrasi bagi pendatang asing) dan isu-isu lainnya yang sedang dihadapi pemerintahan pusat maupun lokal.

Dengan mengandalkan teknologi informasi, ElectNext menghubungkan para pemain di arena politik, termasuk politisi (pejabat legislatif lokal sampai presiden), penerbit berita, kelompok pendukung dan masyarakat. Data politik dikumpulkan dari berbagai sumber dengan informasi akurat, dipakai untuk membuat profil sederhana dan untuk menggambarkan siapakah sebenarnya kandidat dan calon pejabat yang akan menjalankan tugas-tugas negara. ElectNext merangkumkan isu-isu penting yang sedang dihadapi masyarakat dan membandingkan pilihan dan juga mencari tahu sumber-sumber pendanaan mereka.

ElectNext seolah-olah seperti sebuah lapisan data diatas liputan berita politik. Ketika warga biasa (calon pemilih) mengunjungi situs berita politik, ElectNext menyediakan profil dari setiap kandidat yang berisi informasi riwayat hidup, berpihak terhadap isu-isu penting, organisasi pendukung, sumber dana kampanye, dan informasi lain sebagainya. Dengan menyediakan informasi semacam itu di bawah satu atap, maka diharapkan menjadi sumber penghasilan perusahaan ElectNext untuk jangka panjang.

ElectNext menjalin kemitraan dengan liputan berita terkemuka di Amerika dan sudah melampaui 15 juta pembaca setiap bulan. Daftar mitra termasuk The PBS NewsHour (lembaga berita dan penyiaran umum), The Philadelphia Inquirer (philly.com), PolicyMic, PoliticsPA, The Washington Post (penerbit terkemuka di ibukota Amerika), NBC Politics (kanal berita TV terkemuka di Amerika), dan sebagainya.

ElectNext didirikan pada bulan November 2011 dan bermarkas di dua kota di pantai timur yaitu Philadelphia dan New York. Minggu ini mengumumkan bahwa startup ini sudah menerima pendanaan awal sejumlah $1,3 juta dollar yang didukung oleh Brooklyn Bridge Ventures dan beberapa investor lainnya, seperti Digital News Ventures, Comcast Ventures, the John S. and James L. Knight Foundation, Liberty City Ventures, Gabriel Investments dan Investor’s Circle.

(Image: top right, ElectNext logo via Facebook)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] mendulang data dan melacak informasi dari khalayak umum. Contoh sukses pertama adalah perusahaan ElectNext yang sudah dibahas disini pada awal bulan April 2013. Minggu ini ada lagi satu perusahaan startup […]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s