Advertisements

Tealium: mengelola tag perusahaan untuk meningkatkan efektivitas pemasaran termasuk akuisisi pelanggan berdasarkan data

Pemasaran yang dilakukan lewat online membutuhkan berbagai macam alat untuk melacak efektivitas kampanye. Selain hanya sekedar mengetahui siapa pengunjung situs dari data lalu-lintas web, salah satu alat yang dipakai untuk mengukur kesuksesan jalur pemasaran online dinamakan tag. Tag adalah semacam label yang digunakan untuk pelacakan. Tag juga merupakan potongan informasi yang memungkinkan untuk ditemukan ketika seseorang melakukan pencarian pada data ukuran besar berdasarkan sebuah kata kunci. Pemasar menggunakan tag untuk mengelola interaksi pengunjung situs web dan calon pelanggan, berdasarkan data yang dikumpulkan untuk mengoptimalkan kehadiran layanan atau produk dari suatu merek di pasar.

Tealium-homepage-screenshotTealium menyediakan layanan berbasis web yang memudahkan pemasar online untuk mengelola tag perusahaan dan juga menyebarkan tag ke pihak ketiga (seperti, ke penjual atau pengecer). Tag dipakai untuk menyambung semua data supaya ada sinkronisasi supaya proses-proses pengumpulan data ada urutannya dan supaya berjalan dengan lancar. Kemudian para ahli analisis data akan mengkorelasikan semua data tag dalam bentuk laporan yang bisa dipakai oleh tim kerja untuk melakukan tindak lanjut berikutnya atau melakukan perbaikan terhadap implementasi, dengan sasaran meningkatkan efektivitas kampanye dalam rangka mengakuisisi pelanggan.

Kelihatannya Tealium sangat sibuk selang beberapa bulan terakhir ini dengan meluncurkan berbagai produk dan layanan baru. Salah satunya adalah DataCloud, sebuah platform data digital yang menyatukan data konsumen dibawah satu atap. Kemudian meliris fitur baru yang dinamakan Tealium iQ, solusi terpadu untuk mengelola tag untuk perusahaan besar. Baru-baru ini juga menambah layanan mengelola tag yang diakses melalui perangkat mobile (seluler) yang dinamakan Tealium Mobile. Tealium juga menjalin kemitraan dengan beberapa layanan pengiriman konten di Internet seperti Limelight, Akamai, dan EdgeCast, dimana kerja sama ini untuk mempercepat penyebaran tag secara global. Tealium juga menyediakan program pelatihan untuk mengelola tag, menyelenggarakan konferensi di London pada musim panas 2013, dan membuka markas baru di kota San Diego untuk melayani pelanggan dari seluruh dunia.

Minggu ini Tealium mengumumkan bahwa startup ini sudah menerima tambahan modal dan investasi putaran ketiga (Seri C) sejumlah $15,6 juta dollar. Pada putaran ini didukung oleh beberapa pemodal terkemuka dari Silicon Valley, termasuk Tenaya Capital, Battery Ventures, dan Presidio Ventures dari kelompok usaha Sumitomo Corporation. Pada bulan Juli 2012 lalu, Battery Ventures sudah memberikan modal pada putaran kedua (Seri B) sejumlah $10,5 juta dollar. Sejak didirikan pada bulan Maret 2008, Tealium sudah mengantongi modal sejumlah $27 juta dollar. Modal baru akan dipakai untuk mengembangkan inovasi produk, memperluas pelanggan, dan menambah sumber daya.

Tealium sudah berhasil merangkul lebih dari 250 perusahaan terkemuka. Daftar mitra termasuk Petco (toko penyedia peralatan dan makanan hewan peliharaan), Lenovo (pabrik komputer), A + E Networks (jaringan televisi), Mattel (mainan anak-anak), Fox Networks Group (jaringan penerbit dan televisi), Urban Outfitters (pakaian anak muda), Nokia, NHL (perkumpulan olahraga es hockey), dan Sony Online Entertainment.

(Image: Tealium Mobile homepage screenshot)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s