Advertisements

Robot Journalists: kantor berita tertua di Amerika menggantikan tenaga wartawan dengan robot untuk menulis artikel

robot-journalists-inovasi-comSaat ini sedang terjadi perubahan besar di media pemberitaan, dimana tenaga manusia mulai digantikan oleh inovasi teknologi mesin dan perangkat lunak. Banyak artikel dan laporan keuangan yang biasanya ditulis oleh seorang wartawan dan dipublikasikan oleh Associated Press (AP) sudah diganti dengan teknologi otomatis.

Dalam waktu enam bulan terakhir ini, kantor berita tertua di Amerika memakai tenaga robot untuk menulis berbagai macam artikel. Robot jurnalis yang berfungsi seolah-olah seperti manusia sesungguhnya, menulis sebagian besar laporan pendapatan dan keuangan per kwartal. Contoh artikel pendapatan kuartal yang ditulis oleh robot jurnalis termasuk laporan keuangan perusahaan gadget terbesar didunia Apple yang baru diumumkan minggu lalu. Menurut The Verge, pada kuartal bulan Oktober-Desember lalu, kantor berita AP memakai robot untuk menulis sekitar 3.000 artikel.

Robot jurnalis mengandalkan inovasi teknologi yang dibangun oleh Automated Insights dengan platform yang dikenal sebagai Wordsmith. Cara kerja platform ini hampir mirip dengan Narrative Science yang sudah pernah di bahas disini.

Dengan membangun perangkat lunak canggih, kecerdasan buatan, dan kumpulan data besar, maka Automated Insights menulis narasi dengan mengartikan angka dari laporan pendapatan dan keuangan per kwartal. Supaya lebih lengkap, setiap artikel menambah kutipan dari eksekutif perusahaan yang bersangkutan.

Keberadaan robot jurnalis masih terbatas hanya untuk laporan pendapatan perusahaan. Tapi tidak lama lagi akan masuk ke industri lainnya, termasuk membuat narasi untuk tempat wisata, laporan olahraga, ramalan cuaca, dan sebagainya. Kemajuan inovasi robot juga bisa menggantikan pekerjaan wartawan yang selama ini hanya terbatas meliput pendapatan perusahaan, sehingga para jurnalis harus segera mengembangkan multiplikasi talenta, lebih pandai mencari berita menarik, dan mempublikasikan artikel yang selalu mengundang umpan balik dan diskusi dari pembaca.

(Image: top right, robot at E3 Expo by Inovasi.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s