Vine Kids: aplikasi video enam detik untuk anak-anak, sekaligus menyaring konten yang tidak pantas untuk usia muda

Vine-kidsPerusahaan sosial media Twitter memperkenalkan aplikasi video enam detik yang dinamakan Vine untuk orang dewasa, pada bulan Januari 2013 lalu. Setelah dipakai oleh pengemar video di seluruh dunia selama dua tahun, maka ada satu grup ahli komputer mengembangkan inovasi aplikasi Vine khusus untuk dipakai oleh anak-anak.

Menurut sebuah posting dari Vine, pada awal tahun 2015 ini ada sekelompok programmer di perusahaan Twitter melakukan perlombaan untuk menemukan ide-ide baru. Salah satu ide adalah membangun aplikasi Vine Kids. Ide ini bermula ketika perancang aplikasi percaya bahwa segmen pasar anak-anak sangat membutuhkan konten yang cocok dengan usia muda.

Cara kerja aplikasi Vine Kids mirip dengan Vine untuk orang dewasa, dengan masa putar selama 6 detik. Kelebihan aplikasi Vine Kids, semua konten diseleksi terlebih dahulu oleh satu tim kerja, supaya semua konten pantas untuk anak-anak. Demikian pula, supaya cocok dengan selera anak-anak, sebagian besar video menampilkan figur kartun.

Untuk sementara, Twitter hanya menyediakan aplikasi Vine Kids untuk pemilik perangkat mobile yang dijalankan dengan system operasi iOS (iPhone dan iPad). Sedangkan pemilik perangkat Android masih harus menunggu perkembangan selanjutnya. Apabila Vine Kids untuk iOS menjadi terkenal dalam waktu dekat, maka tidak heran aplikasi untuk Android akan segera dikembangkan.

(Image: top right, Vine Kids)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] awal tahun 2015 ini dua raksasa teknologi di Silicon Valley, Twitter Vine dan Google YouTube, meluncurkan aplikasi mobile dengan tujuan menyensor konten yang dikhususkan […]

  2. […] besar pengguna Twitter memakai Vine untuk menyiarkan video pendek selama 6 detik. Vine juga sangat popular bagi pengguna yang suka membuat video dengan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s