Advertisements

Looker: perangkat lunak bisnis intelijen, memberdayakan perusahaan mengambil keputusan berdasarkan analisis data

looker-logoHampir semua perusahaan besar maupun kecil memanfaatkan kekuatan data dalam menjalankan bisnis. Perkembangan inovasi analisis data terus meluas dalam waktu sepuluh tahun terakhir ini. Para eksekutif dan orang-orang pengambil keputusan sangat membutuhkan data yang relevan supaya dapat ditindaklanjuti demi kemajuan usaha.

Looker menciptakan inovasi platform bisnis intelijen berbasis web. Keunggulan platform ini terletak pada inovasi bahasa deskripsi data yang dikenal sebagai LookML. Teknologi ini memudahkan analisis data, sehingga memberikan informasi secara instan, tepat waktu dan lebih kaya, terhadap semua aktivitas penting perusahaan. Informasi-informasi relevan selalu ditunggu oleh tim pemasaran, keuangan, dan layanan pelanggan.

Keberadaan data yang menghasilkan informasi sangat penting. Hal ini memberdayakan perusahaan memilih langkah yang terbaik dan mengambil keputusan yang dapat dipertanggung-jawabkan. Looker juga menyediakan kemudahan kepada pekerja berbagi akses terhadap berbagai data, sehingga memungkinkan semua pekerja menjalin kebersamaan sebagai satu tim yang utuh.

Menurut siaran persnya, Looker bertumbuh pesat selama tahun 2014, dimana omzet naik 400 persen dari tahun ke tahun. Saat ini sudah berhasil menjalin kemitraan dengan lebih dari 250 pelanggan. Daftar klien termasuk Yahoo!, Warby Parker, Asana, Instacart, Docker, Venmo, Upworthy, dan Gilt.

Looker didirikan pada tanggal 1 Januari 2012 dan berbasis di kota Santa Cruz. Kota ini terletak di selatan kawasan high-tech Silicon Valley atau sekitar 100 km dari selatan kota San Francisco. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran kedua (Seri B) sejumlah $30 juta dollar yang dipimpin oleh Meritech Capital Partners. Pendukung modal kerja pada putaran ini termasuk Redpoint Ventures, First Round Capital, dan PivotNorth. Meritech sudah pernah menanam modal di perusahaan bisnis intelijen terkemuka Tableau yang sudah menjadi perusahaan publik. Sejak didirikan Looker sudah mengumpulkan modal kerja sekitar $50 juta dollar.

looker-explore-browser-orders-by-week-

(Images: top right, Looker logo; bottom, Exploring in Looker)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s