Advertisements

VeriSign mengumumkan sebanyak 288 juta nama domain (TLDs) sudah terdaftar di seluruh dunia, sampai akhir tahun 2014

Verisign-logo-textHari minggu ini, tanggal 15 Maret 2015, merupakan hari ulang tahun ke-30 peringatan pendaftaran nama domain ekstensi .com pertama. Menyongsong perayaaan ini, pemimpin pendaftaran nama domain terkemuka VeriSign menyatakan bahwa bisnis nama domain bertumbuh pesat dari tahun ke tahun. Menurut laporan kuartal terbaru dari VeriSign, sampai tanggal 31 Desember 2014 sudah terdaftar 288 juta nama domain tingkat atas (TLDs) di seluruh dunia.

Selama tiga bulan menjelang penutupan tahun 2014 (Oktober-Desember), ada empat juta nama domain yang sudah didaftarkan oleh para speculator, investor nama domain, perusahaan startup, usaha kecil, dan perusahaan besar. Ini berarti terjadi peningkatan 1,3% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya (Juli-September). Secara global, pendaftaran untuk tahun 2014 tumbuh sebanyak 16,9 juta nama. Ini berarti terjadi peningkatan 6,2% dibandingkan dengan akhir tahun 2013.

Ekstensi .com dan .net mengalami pertumbuhan sekitar 2,7 persen dari tahun ke tahun. Hingga akhir tahun 2014, jumlah nama domain dengan ekstensi .com dan .net mencapai 130,6 juta nama domain. Pendaftaran ekstensi .com mencapai 115,6 juta nama, sedangkan ekstensi .net mencapai 15,0 juta nama.

Pertumbuhan nama domain memberikan angin segar bagi pemilik dan investor nama domain. Ini karena semua usaha kecil maupun besar akan membutuhkan nama domain sebagai alamat situs web di Internet. Kehadiran ekstensi baru seperti .club, .guru, .link, .today, dan lainnya belum berhasil menggeser kepopuleran ekstensi .com.

(Image: top right, VeriSign logo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s