Advertisements

Pangsa pasar smartphone di Amerika bulan Oktober 2013: Android 52,2%, Apple 40,6%, BlackBerry 3,6%, Microsoft 3,2%

Salah satu laporan bulanan yang ditunggu-tunggu oleh para pengamat di dunia teknologi dan para investor di Wall Street sudah dipublikasikan oleh comScore divisi MobiLens dan Mobile Metrix. Laporan terbaru ini memberikan gambaran terhadap pasar dan tren industri ponsel pintar (smartphone) di Amerika, khususnya untuk bulan Oktober 2013.

Sampai akhir bulan Oktober, sudah tercatat sekitar 150 juta orang di Amerika yang menggunakan ponsel pintar. Pengguna memakai perangkat seluler merek Apple, Samsung, Motorola, HTC, LG, Nokia, dan BlackBerry. Aktivitas pengguna ponsel pintar termasuk berbicara, mengirim pesan teks, chatting dengan teman lewat messenger (BBM, WhatsApp), mengunjungi situs jaringan sosial (Facebook, Twitter), membaca berita, menonton video, memesan barang online, bermain games, mengambil foto digital, dan lain sebagainya. Penetrasi ponsel pintar sudah mencapai dua pertiga dari seluruh pengguna ponsel di Amerika, atau tepatnya di atas 62,5 persen.

Dalam hal pangsa pasar platform ponsel pintar, system operasi Google Android masih menduduki peringkat teratas dengan mengambil 52,2 persen pangsa pasar pada bulan Oktober. Dibandingkan bulan Juli, Android sudah mengambil 51,8 persen pangsa pasar, ini terjadi kenaikkan pasar sebanyak 0,4 poin dalam waktu 3 bulan terakhir ini.

Apple iOS masih berada di posisi nomor dua dan meraup 40,6 persen pangsa pasar pada bulan Oktober. Tiga bulan sebelumnya masih berada di 40,4 persen, atau terjadi peningkatan pasar sebesar 0,2 poin. Pertumbuhan pasar iOS tertolong dengan meluncurnya perangkat seluler terbaru, ketika Apple merilis iPhone 5S dan 5C pada minggu ketiga bulan September.

Permintaan ponsel pintar yang menggunakan platform BlackBerry semakin merosot di semua toko milik operator seluler di Amerika. Malah menjelang akhir bulan September, T-Mobile memutuskan untuk berhenti memajang handset BlackBerry di toko T-Mobile. Pada bulan Oktober, pelopor ponsel pintar ini hanya mampu bertahan di posisi nomor tiga dan mengambil 3,6 persen pangsa pasar. Dibandingkan bulan Juli, BlackBerry meraih 4,3 persen pangsa pasar. Dalam waktu tiga bulan sudah turun 0,7 poin. Masa depan BlackBerry masih belum jelas, ketika terjadi pergantian CEO pada bulan November. Disamping itu produk-produknya semakin ketinggalan jaman dalam segi design dan fungsi.

Raksasa perangkat lunak Microsoft boleh berbangga sedikit karena sistem operasi Windows Phone berhasil mengambil 3,2 persen pangsa pasar pada bulan Oktober. Dibandingkan pada bulan Juli masih berada di 3,0 persen, ini terjadi kenaikkan sebesar 0,2 poin. Sistem operasi Windows Phone terus ditolong oleh produk baru yang lebih canggih dari Nokia, dimana perusahaan berbasis di Finlandia ini menjual perangkat handset dengan merek Lumia. Tidak lama lagi Windows Phone diperkirakan akan menempati posisi nomor tiga.

Top-smartphone-platforms-October-2013-USA

(Image: bottom, comScore’s Top Smartphone Platform, October 2013)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] barat. Pertumbuhan tablet juga bersamaan dengan pertumbuhan ponsel pintar (smartphone), dimana lebih dari 150 juta orang di Amerika sudah menggunakan ponsel pintar pada akhir bulan Oktober […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s