Advertisements

Bloc: penyedia kursus komputer dengan mentor pribadi dan melatih siswa belajar programming (HTML, JavaScript, Ruby)

Banyak profesional yang terlibat di dunia teknologi, tetapi tidak semuanya memiliki latar belakang teknis tentang situs web. Salah satu cara berpartisipasi di arena teknologi dengan cepat yaitu mengambil kursus komputer intensif dan menggunakan mentor pribadi.

Sementara itu dunia pendidikan di Amerika sedang terjadi perubahan paradigma secara drastis dengan mengambil pendekatan di luar kampus yang selama ini bersifat akademik. Sudah ada beberapa startup yang menciptakan lingkungan belajar secara online, yang mana lebih berfokus memberikan ilmu-ilmu terapan dengan harapan para alumni sudah siap pakai di dunia usaha, yang dikenal sebagai Massive Open Online Courses (MOOCs). Penyedia kelas dan kursus online terbuka termasuk creativeLIVE, Coursera, edX, dan lain sebagainya.

Bloc-io-homepage-

Bloc.io adalah perusahaan startup yang menyediakan layanan pengajaran dasar khusus untuk pengembangan web secara intensif. Keunggulan Bloc yaitu menawarkan kursus komputer online yang dapat diakses oleh siswa di mana saja selama mereka memiliki komputer dan akses Internet. Kalau dibandingkan penyedia kursus online lainnya, mereka biasanya hanya menyediakan rekaman video dan buku elektronik, sedangkan Bloc masih mempertahankan pola mengajar dengan tenaga manusia dan menyediakan peralatan canggih yang memudahkan koneksi antara pelajar dan mentor. Bloc merasa bahwa pola kerja dengan mengandalkan mentor berpengalaman yang siap membantu siswa setiap saat, akan lebih baik ketika siswa ingin melakukan pelatihan keterampilan. Bloc menghubungkan siswa secara langsung dengan mentor yang berfungsi sebagai guru dan juga sebagai kerabat kerja, yang juga bersedia memeriksa programming kode dan melakukan uji-coba sebagai latihan menciptakan produk sesungguhnya.

Bloc menawarkan kursus intensif selama 12 minggu, dimana siswa bisa mengambil kelas HTML, CSS, JavaScript, Ruby, Visual Studio, iOS, dan lain sebagainya. Setiap kursus dikenakan biaya (yang dibayar dimuka) sebesar $4250, atau membayar secara cicilan $1000 per bulan. Setelah diterima menjadi anggota, siswa boleh memilih mentor berdasarkan pengalaman dan minat mereka, penggunaan bahasa (English atau bahasa daerah), lokasi mentor dan waktu yang tersedia. Karena ini merupakan kursus intensif, maka setiap siswa wajib menjadwalkan tiga kali pertemuan dengan mentor mereka setiap minggu.

Bloc didirikan di kota San Francisco pada bulan Februari 2012 oleh dua alumni dari University of Illinois di kota Urbana-Champaign (universitas yang letaknya didekat kota Chicago), Roshan Choxi dan Dave Paola. Minggu ini mengumumkan penerimaan modal kerja sebesar $2 juta dollar yang dipimpin oleh Harrison Metal dan didukung oleh Baseline Ventures, First Round Capital, dan Learn Capital.

(Image: middle, Bloc.io homepage screenshot)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s