Chai Energy: menjalin kemitraan dengan perusahaan utilitas, untuk membantu pelanggan menghemat biaya listrik

Perusahaan utilitas di Amerika seringkali menghadapi kesulitan untuk menghasilkan tenaga listrik yang cukup pada musim panas, ketika semua rumah dan kantor menyalakan mesin pendingin (AC). Supaya persediaan cukup untuk memenuhi permintaan dari para pelanggan, maka perusahaan utilitas mengeluarkan biaya lebih besar untuk membeli listrik dari beberapa pemasok, yang mana sebagian besar pemasok berada di negara bagian lain. Hal ini menyebabkan tagihan bulanan ke pelanggan juga akan menjadi lebih tinggi selama musim panas.

Chai-Energy-app-Salah satu cara terbaik yang dipakai oleh perusahaan utilitas adalah memberikan imbalan kepada pelanggan supaya mereka menggunakan listrik lebih sedikit. Dengan mematikan lampu dan perangkat rumah tangga, maka setiap pelanggan yang memakai listrik sedikit akan menerima imbalan sekitar $100, yang kemudian dipotong dari tagihan listrik mereka.

Kehadiran aplikasi Chai Energy membantu pelanggan menghemat biaya listrik. Dengan mendulang informasi dari perusahaan utilitas, seperti Southern California Edison, Pacific Gas and Electric, San Diego Gas & Electric, dan pemasok lainnya, Chai Energy mengingatkan pelanggan supaya segera mematikan peralatan listrik pada hari-hari kritis selama musim panas.

Cara kerjanya, aplikasi Chai Energy tersambung dengan meteran listrik di rumah. 24 jam sebelum perusahaan utilitas mengeluarkan proyeksi listrik akan menghadapi krisis, Chai Energy mengirimkan peringatan kepada pelanggan untuk mematikan lampu dan peralatan rumah. Aplikasi Chai Energy menunjukkan berapa banyak listrik yang dapat dihemat. Hasil penghematan juga merupakan suatu kebanggaan, sehingga aplikasi ini membantu pelanggan berbagi informasi bersama teman dan keluarga.

Aplikasi Chai Energy untuk Apple iOS versi 1.52 diperbarui pada tanggal 26 Agustus 2014. Aplikasi iPhone ini membutuhkan kapasitas sebanyak 6.9 MB. Situs web Chai Energy memberitahukan kepada pengguna bahwa aplikasi terbaru akan segera diluncurkan pada tanggal 7 November 2014. Bersamaan rencana ini, startup berbasis di kota Los Angeles ini mengajukan formulir pemberitahuan kepada institusi pertukaran saham Amerika (SEC) pada tanggal 24 Oktober, bahwa mereka baru menerima pendanaan benih sejumlah $400 ribu dollar.

Chai-Energy-homepage

(Images: middle left, Chai Energy iOS app; bottom, Chai Energy ‘old’ homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s