Advertisements

Intacct: menyediakan perangkat lunak berbasis cloud, solusi akuntansi dan manajemen untuk usaha kecil dan menengah

Inovasi teknologi perangkat lunak berbasis cloud (awan) yang lebih keren dikenal dengan istilah Software-as-a-Service (SaaS) mengalami pertumbuhan sangat pesat di Amerika dalam waktu lima tahun terakhir ini. Dengan mengandalkan desain software yang disimpan dan dioperasikan dari cloud, maka akan membantu perusahaan menurunkan biaya dan memudahkan akses aplikasi dimana saja. Seiring dengan kemajuan inovasi teknologi SaaS, perusahaan mengalami pergeseran ke cloud, dimana banyak bagian penting dari sebuah perusahaan termasuk departemen keuangan mulai mengadopsi solusi cloud.

Intacct merupakan salah satu perintis perangkat lunak berbasis cloud. Produk-produknya menggunakan prinsip desain SaaS, dimana perangkat lunak dapat diakses oleh multi penyewa sekaligus. Intacct lebih berfokus untuk melayani departemen akuntansi dan manajemen untuk usaha kecil dan menengah. Perusahaan ini memilih segmen pasar untuk perusahaan yang memiliki antara 100 sampai 1.000 karyawan.

Walaupun bersaing dengan perusahaan yang sejenis seperti Quickbooks dan Workday, Intacct mengalami pertumbuhan hampir 40 persen dari tahun-ke-tahun dan sudah menerima banyak pemesanan pada tahun fiskal 2013. Intacct memposisikan untuk meraup segmen pasar menengah, sedangkan Quickbooks mempunyai sasaran pasar toko kecil, dan Workday lebih berfokus pada perusahaan besar.

Intacct didirikan pada tahun 1999 dan bermarkas di kota San Jose di kawasan industry Silicon Valley. Minggu ini mengumumkan penerimaan dana ventura dan pinjaman bank sejumlah $45 juta dollar. Pada putaran ini, perusahaan modal ventura Battery Ventures dan beberapa investor lainnya menyediakan modal kerja sebanyak $30 juta dollar. Sedangkan Silicon Valley Bank memberikan pinjaman sejumlah $15 juta dollar. Dana segar akan dipakai untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan.

Intacct-homepage-

(Image: bottom, Intacct homepage screenshot)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s