Undo Send: Google resmi meluncurkan fitur pengaturan Gmail untuk web, membatalkan pengiriman email antara 5-30 detik

Kita seringkali merasa kecewa setelah terburu-buru mengirim email, dimana kemudian diketahui membuat kesalahan, misalnya lupa melampirkan foto atau Excel file. Kita ingin cepat-cepat membatalkan email yang sudah terlanjur dikirim, tapi tidak berhasil. Padahal kalau bertindak cepat, dengan ekstra waktu 5 sampai 30 detik, email yang sudah terlanjur dikirm bisa dibatalkan, ditarik dari peredaran, dan diambil kembali dari server.

Lewat Gmail Labs, raksasa mesin pencari Google memperkenalkan inovasi fitur Undo Send untuk pengaturan email, pada bulan Maret 2009. Sayangnya fitur canggih ini belum diketahui oleh seluruh pengguna Gmail. Selama 6 tahun melakukan uji-coba, hanya sebagian pengguna yang mengetahui letak fitur ini di Gmail Settings.

Fitur Undo Send memberi kesempatan kepada pemilik Gmail akun yang berubah pikiran, untuk segera membatalkan pengiriman email antara 5 sampai 30 detik. Gmail segera bertindak, mengambil kembali email yang sudah terlanjur dikirim, dan membawanya kembali ke Inbox.

Gmail-enable-undo-send-30-seconds

Minggu ini Google resmi meluncurkan fitur Undo Send untuk web. Pengguna harus mengaktifkan Undo Send di bawah Settings dan General, dengan mencentang kotak kecil “Enable Undo Send.” Kemudian memilih opsi pengaturan pembatalan antara 5 sampai 30 detik.

Karena menghadapi persaingan ketat dari penyedia email lainnya, termasuk Yahoo Mail dan Microsoft Outlook, Google terus menambah fitur untuk Gmail supaya menyenangkan ratusan juta pengguna. Kehadiran Undo Send sangat tepat waktunya karena perusahaan lain belum berhasil menciptakan fitur yang mirip dengan Gmail. Kini, Undo Send akan memudahkan pengirim email mengambil kembali email mereka secepatnya.

(Image: middle center, Google Gmail Undo Send)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s