Advertisements

Washio: layanan pengambilan dan pengiriman laundry, dry cleaning, hanya membutuhkan waktu 24 jam sudah selesai

Kehidupan penduduk kota besar di Amerika semakin nyaman karena mereka tidak perlu mengantar pakaian kotor ke binatu, atau mencuci baju sendiri dengan membawa deterjen ke landromart. Sebaliknya, perusahaan startup Washio yang menyediakan layanan laundry dan dry cleaning akan segera datang ke rumah mereka mengambilnya. Dalam waktu hanya 24 jam kemudian sudah selesai dicuci, dilipat rapi, dan di antar kembali ke rumah pelanggan.

Layanan Washio sudah tersedia di kota Los Angeles, San Francisco, dan Washington, DC, dan segera diluncurkan di kota-kota besar lainnya, seperti Atlanta, Austin, Boston, Chicago, Denver, Miami, New York, and Seattle.

Sebagai perusahaan binatu modern, cara kerja Washio sangat tergantung dengan kemajuan teknologi aplikasi mobile. Washio mengembangkan sebuah aplikasi yang memungkinkan pelanggan membuat jadwal pengambilan dan pengembalian cucian dan dry cleaning. Penjadwalan membutuhkan waktu hanya 30 menit. Seorang penjemput atau pengantar “ninja” akan datang dengan sebuah tas kosong, dimana tas ini dapat dipakai ulang untuk mengisi pakaian kotor. Supaya tidak lupa, pelanggan juga boleh membuat jadwal pengambilan pakaian kotor setiap minggu. Aplikasi ini tersedia untuk system operasi iOS dan Android.

Biaya pencucian baju lengan panjang sekitar $2,75 dollar per baju, sedangkan biaya dry cleaning untuk baju lengan panjang sekitar $6 dollar per baju. Untuk pencucian baju sehari-hari dalam jumlah besar atau dengan hitungan kiloan, dikenakan biaya $1,60 dollar per pound, dimana pakaian dicuci dan kemudian sudah dilipat rapi.

Washio didirikan pada tahun 2013 dan berbasis di kota Los Angeles. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $10,5 juta dollar yang dipimpin oleh Canaan Partners. Sebelumnya, pada awal tahun 2014 sudah menerima modal kerja dari bintang film Ashton Kutcher, mantan CEO Yahoo Jerry Yang, dan beberapa investor lainnya yang bersifat pribadi.

Washio-iOS-app

(Images: bottom, Washio iOS app via App Store)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] dengan Good Eggs, Instacart dan BlueApron, sedangkan tugas mencuci baju digabungkan dengan binatu Washio, dan tugas membersihkan rumah dihubungkan dengan Homejoy (sebelumnya di kenal sebagai […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s