Advertisements

Connect: aplikasi untuk melacak lokasi teman-teman yang tersebar di berbagai jaringan sosial melalui peta

Hampir semua orang mempunyai pengalaman menetap di beberapa kota sejak usia kecil sampai dewasa. Ketika suatu hari pulang ke kampung halamannya, mereka menemukan sebagian teman-teman lama sudah pindah ke kota lain. Salah satu cara yang dipakai orang supaya tetap terhubung di era high-tech ini melalui inovasi media sosial.

Tapi sayangnya, teman-teman tersebar di beberapa jaringan sosial, seperti Instagram, Facebook, Foursquare, Twitter, Google+, LinkedIn, dan jaringan lainnya. Karena begitu luasnya pengaruh jaringan sosial, hal ini menyebabkan kita seringkali tidak sempat menyimak semua posting dari teman-teman. Kita sering kecolongan kalau ada teman yang meng-update posting mereka dan menyatakan bahwa mereka akan segera berkunjung ke sebuah kota atau tempat, dimana kita juga sedang kebetulan berada di tempat yang sama.

Connect-app-access-anywhere-Aplikasi Connect memungkinkan pengguna memasang daftar telepon dan daftar nama teman-teman dari semua jaringan sosial terkemuka di bawah satu system, termasuk Facebook, LinkedIn, Google+, daftar nama Gmail akun, dan lainnya. Dengan menggunakan inovasi teknologi lokasi (GPS) yang sudah tertanam di dalam telepon genggam, semua teman yang ada di buku telepon dan daftar teman Facebook dapat di tampilkan di peta. Kehadiran peta memungkinkan kita bisa terus melacak posisi teman, demikian pula sebaliknya teman mengetahui di mana posisi kita.

Aplikasi Connect hanya tersedia untuk perangkat ponsel pintar dan tablet yang dijalankan dengan system operasi Apple iOS. Sedangkan pemilik laptop juga bisa mengakses melalui web. Aplikasi untuk perangkat Android masih dalam taraf pengembangan. Aplikasi Connect juga berfungsi sebagai alat untuk berkomunikasi dengan teman-teman melalui jaringan sosial.

Perusahaan startup Connect didirikan pada bulan Mei 2012 di kota San Francisco. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $10,3 juta dollar. Pendukung modal pada putaran ini termasuk investor ventura berbasis di Tiongkok, Fosun International. Sedangkan CEO SalesForce Marc Benioff juga ikut berpartisipasi pada putaran terbaru ini. Sebelumnya pada bulan Juni 2014 sudah menerima modal benih dari beberapa investor yang bersifat pribadi. Sejak didirikan sudah mengumpulkan modal kerja sekitar $16 juta dollar.

(Images: middle left, Connect Access Anywhere via homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s