Advertisements

Pertino: memungkinkan pengguna membangun jaringan yang terhubung dengan kantor dimana saja, dengan mengandalkan platform berbasis cloud

Pertino-LogoStartup Pertino berprinsip bahwa untuk membangun sebuah jaringan ukuran perusahaan tidak perlu terlalu rumit dan dibatasi cara penggunaannya, apalagi ditambah dengan biaya yang besar. Didukung oleh satu tim kerja yang terdiri dari tenaga ahli dalam hal jaringan, keamanan, dan infrastruktur, Pertino membuktikan bahwa orang awampun bisa membangun sebuah jaringan perusahaan dan bisa digunakan dimana saja ketika dibutuhkan untuk menjalankan tugas-tugas kantor dan mengakses file atau aplikasi dari jarak jauh. Semuanya dapat dilakukan dengan mengandalkan platform berbasis cloud (awan).

Mengingat keterbatasan tenaga ahli yang mengerti jaringan internal perusahaan dan betapa rumitnya teknologi jaringan tradisional, maka sasaran pasar layanan dari Pertino adalah perusahaan kecil dan menengah. Perubahan iklim bisnis menuju globalisasi memerlukan solusi yang memungkinkan karyawan perusahaan kecil dan menengah untuk dapat terus bekerja dan terus terhubung dengan kantor dari setiap sudut bumi, melalui berbagai macam perangkat mobile termasuk laptop, tablet komputer, dan ponsel pintar. Kehadiran mesin jaringan Pertino yang berbasis awan memungkinkan karyawan yang tidak mempunyai keahlian jaringan dapat dengan mudah membangun jaringan yang aman secara cepat dan dengan biaya yang murah.

Pertino tidak mengharuskan pengguna memiliki stasiun komputer yang canggih karena jaringan berbasis cloud dapat dibangun hanya dalam beberapa menit saja. Pengguna cukup meng-install perangkat lunak Pertino di setiap laptop atau perangkat mobile yang digunakan dari jarak jauh. Kemudian dihubungkan melalui Internet ke komputer server kantor yang juga sudah di-install dengan perangkat lunak Pertino. Tahap berikutnya, pengguna cukup mengetik nama akun dan password, kemudian mengajak kerabat kerja untuk bergabung ke jaringan perusahaan setelah menerima sebuah link untuk memperbolehkan akses dari web. Untuk sementara hanya laptop yang dijalankan dengan sistem operasi Windows 7 yang dapat berfungsi dengan baik, sedangkan sistem operasi lainnya masih dalam taraf pengembangan.

Selama promosi, setiap pelanggan boleh membangun jaringan secara gratis untuk maksimum tiga anggota. Setiap pengguna dan anggota boleh menyambungkan tiga perangkat mobile. Untuk perusahaan yang melampaui tiga pemakai, maka setiap pemakai akan dikenakan biaya $10 per bulan. Setelah lolos masa uji coba yang dilakukan oleh 250 pengguna, menurut siaran pers, sudah lebih dari 700 pelanggan dari seluruh dunia yang mendaftarkan diri memakai jasa dari perusahaan startup ini.

Menjelang akhir minggu ini, Pertino mengumumkan bahwa mereka sudah menerima tambahan dana putaran kedua (Seri B) sejumlah $20 juta dollar dari beberapa investor terkemuka yang berbasis di Silicon Valley. Pendukung terbesar pada putaran ini adalah pemodal ventura Jafco Ventures. Sedangkan dua penyedia modal pada putaran pertama (Seri A) termasuk Norwest Venture Partners dan Lightspeed Venture Partners juga ikut berpartisipasi pada putaran ini. Pada bulan April 2012, Pertino menerima dukungan modal putaran pertama sejumlah $8.85 juta dollar. Sejak didirikan pada tahun 2011, Pertino sudah mengumpulkan dana sejumlah $28,85 juta dollar.

(Images: top right, Pertino logo; bottom, click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s