Advertisements

PocketCycle: aplikasi melacak masa haid dan kesuburan, membantu keluarga berencana, terutama bagi pasangan yang berusaha untuk hamil

Banyak pasangan suami-istri yang ingin merencanakan keluarga memakai cara-cara tradisional seperti menunggu bulan purnama, meminjam keponakan untuk bermalam, atau menghitung hari-hari terbaik. Baru-baru ini Perigee AB meluncurkan sebuah aplikasi yang dinamakan PocketCycle. Aplikasi ini dijalankan dengan sistem operasi Apple iOS (iPhone, iPad, iPod), untuk membantu keluarga berencana terutama bagi pasangan yang berusaha untuk hamil. Dibandingkan dengan cara tradisonal, aplikasi ini memakai metode Standard Days Method (SDM) dari hasil riset yang dikembangkan oleh lembaga kesehatan reproduksi yang dikenal dengan nama The Institute for Reproductive Health di Universitas Georgetown, yang bermarkas di ibukota Washington, DC.

Perusahaan startup Perigee AB berbasis di negara Sweden. Aplikasi PocketCycle sudah tersedia di toko aplikasi Apple Store dengan harga $1 dollar. Versi 1.0 dirilis pada tanggal 26 Februari 2013 dan membutuhkan kapasitas sebesar 14.5 MB. Aplikasi ini tersedia dalam bahasa Inggris, China, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea, Portugis, Rusia, Spanyol, Turki dan lain sebagainya.

Karena aplikasi PocketCycle melacak informasi wanita paling pribadi, maka untuk menjaga privasi pengguna, hanya satu pasangan saja (misalnya, suami-istri) yang diperbolehkan mengakses aplikasi ini. Untuk menjaga keamanan akses, juga disediakan opsi memakai kode kunci untuk menjaga privasi. Dengan aplikasi ini pasangan tidak perlu harus bertanya terus dan menyinggung perasaan pasangan lainnya. Pasangan bisa saling mengingatkan dan memberikan dukungan, merencanakan perjalanan keluar kota atau berbulan madu, dan menyiapkan waktu yang tepat untuk malam romantis.

Sepintas lalu, cara kerjanya sangat sederhana. Aplikasi ini menyediakan tampilan dalam bentuk lingkaran untuk mencatat masa haid dan kesuburan. Lingkaran ini dirancang sesuai dengan kalender bulanan wanita, untuk menghitung hari-hari kesuburan, dan memprojeksikan hari tepat untuk terjadinya kehamilan. Bagi pasangan yang belum siap dengan urusan keluarga, kalender ini juga dipakai untuk menghindari kehamilan dengan mengingatkan pasangan mengambil pil KB. Didalam lingkaran tertera warna hijau yang artinya hari subur, sedangkan waktu ovulasi diberi warna biru.

Pocket-Cycle-app-iOS

(Images: PocketCycle iOS app)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s