Advertisements

MediaSpike: menyisipkan iklan produk ke games yang dimainkan oleh pengguna jaringan sosial dan perangkat seluler

MediaSpike-logoJangan kaget kalau anda bermain games di jaringan sosial atau di perangkat seluler (ponsel pintar dan tablet), kemudian ketika mengunjungi mesin penjual minuman ringan di dalam games yang sedang dimainkan, tiba-tiba disodori minuman soda dari sebuah merek terkemuka. Iklan semacam itu adalah hasil karya dari perusahaan startup MediaSpike, yang menggunakan otomatisasi untuk menyisipkan iklan produk ke games.

Bisnis iklan dari MediaSpike berkembang pesat sejak bulan Juni 2013, setelah tim pengembangan usaha berhasil menjalin kerja sama dengan pembuat games seperti Tetris Online, Big Blue Bubble, Bigpoint Games, dan Meez. Akhir bulan Oktober tercatat lebih dari 20 juta pengguna per bulan yang melihat penempatan iklan produk di dalam games yang dimainkan oleh pengguna jaringan sosial dan perangkat seluler. Padahal hanya 1 juta pengguna pada bulan Juni lalu.

MediaSpike-ad-placementMediaSpike menciptakan iklan yang seolah-olah merupakan bagian dari permainan, sehingga pengguna tidak merasa terganggu dengan kehadiran iklan. Misalnya, memasang logo produk di bar ketika pemain games ingin memesan minuman, dan mengarahkan pengguna untuk membeli produk dari sponsor. MediaSpike membuat proses menyisipkan iklan produk secara otomatis ke setiap games. Cara ini lebih halus kalau di bandingkan dengan cara penempatan iklan banner tradisionil yang memaksakan pengguna untuk melihat banner didalam aplikasi seluler atau di jaringan sosial.

MediaSpike didirikan pada tahun 2011 di kota Palo Alto, Silicon Valley. Hari ini mengumumkan sudah menerima pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $5,2 juta dollar. Pendanaan ini dipimpin oleh CMEA Capital dan didukung oleh kelompok pemodal awal termasuk 500 Startups, Google Ventures, dan Raptor Capital. Pada kesempatan ini juga menerima dukungan modal dari investor papan atas Andreessen Horowitz, Inspovation Ventures, dan beberapa investor yang bersifat pribadi yang berbasis di Silicon Valley. Dana segar akan dipakai untuk menambah tim ahli dan karyawan baru di kantor pusat dan di kantor cabang di kota New York.

(Images: top right, MediaSpike logo; middle left, example of MediaSpike’s ad placement)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s