Advertisements

TellSpec: perangkat genggam untuk menganalisis kandungan gizi, komposisi nutrisi, kalori, bahan kimia, efek alergi

TellSpec-foodApakah anda tahu apa yang sebenarnya yang dihidangkan di atas meja makan sebelum kita makan? Untuk membuat pilihan yang sehat tentang apa yang di makan, saat ini banyak orang yang memperhatikan informasi label makanan ketika berbelanja di supermarket. Tetapi hampir semua makanan yang kita beli di restoran atau warung, tidak mencantumkan informasi komposisi kandungan nutrien di dalam makanan tsb. Padahal banyak makanan yang dapat memicu alergi seperti mengandung gandum, susu sapi, telur, kacang tanah, kedelai, makanan dari laut, dan lain sebagainya.

Ide untuk mendirikan perusahaan startup ini bermula ketika pendirinya Isabel Hoffmann sedang aktif bekerja di bidang pengobatan pencegahan. Apalagi dia mempunyai misi penting untuk menemukan berbagai macam makanan yang cocok untuk anak perempuannya, yang selama ini sangat sensitif dan menderita alergi terhadap makanan yang mengandung gluten. Isabel Hoffmann percaya bahwa masih banyak makanan yang mengandung gluten yang dijual di pasar tetapi pembuatnya belum mencantumkan label dengan jelas. Akibatnya, makanan yang dikonsumsi oleh anaknya seringkali menyebabkan efek alergi. Untuk menyakinkan keluarganya bahwa setiap makanan yang akan disantap bebas dari kandungan gluten, maka lahirlah inovasi produk yang dapat digenggam dan dinamakan TellSpec.

TellSpec-product-

TellSpec berupa scanner yang dapat di genggam tangan dan memancarkan laser. Perangkat genggam TellSpec dapat mempelajari komposisi kimia dan kandungan didalam makanan. Alat ini bisa menganalisis nutrisi, kalori, bahan kimia, dan sebagainya. Keunggulannya, TellSpec memberi peringatan terhadap efek alergi dalam produk makanan. Alat ini mengirimkan sinyal ke ponsel pintar yang kemudian menganalisis makanan dengan system berbasis di cloud, selanjutnya menyediakan laporan tentang apa yang dikandung di dalam makanan.

Sejak awal bulan Oktober 2013, perusahaan startup berbasis di kota Toronto, Kanada, mengikuti kampanye pendanaan awal melalui Indiegogo crowdfunding (modal dari khalayak ramai) khusus untuk teknologi kesehatan. Tujuannya untuk mengumpulkan modal sebanyak $100 ribu dollar. Menjelang akhir minggu ini sudah melewati sasaran tsb dan sudah mencapai sekitar $110 ribu dollar. Harga perkenalan adalah $150 per unit. Sayangnya hanya 500 unit yang tersedia dengan harga ini dan semuanya sudah terjual habis, dimana produk ini baru akan dikirim bulan Agustus 2014. Untuk pemasukan pendapatan jangka panjang, startup ini juga berencana memasang tarif iuran berlangganan yang berkisar sekitar $8 per bulan atau $70 per tahun.

(Images: top right, TellSpec and food via Facebook; middle, TellSpec hand-held device; bottom, click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s