Advertisements

OpinionLab: mengumpulkan dan menganalisis umpan balik pelanggan, ingin meningkatkan inovasi teknologi dan melakukan ekspansi pasar global

Salah satu produk dari perusahaan OpinionLab selalu muncul di bagian bawah halaman situs web terkemuka dalam bentuk logo “plus-minus” terutama situs yang berhubungan dengan biro perjalanan, toko online, atau keuangan. Keberadaan tanda “plus-minus” untuk memudahkan pelanggan mengirimkan umpan balik langsung ke merek yang bersangkutan.

Setelah mendulang umpan-balik dari pelanggan, OpinionLab akan menganalisis data lebih mendalam, kemudian menafsirkan data untuk mencari solusi untuk memperbaiki masalah. Tugas-tugas lainnya termasuk mencari tahu lokasi dimana akses dilakukan, mengerti perilaku konsumen, memilah data berdasarkan jenis masalah, dan lain sebagainya.

Opinion-Lab-homepage-screenshot

OpinionLab berbasis di kota Chicago dan didirikan 14 tahun yang lalu. Perusahaan ini melayani separuh klien bergengsi dari perusahaan top-50 yang diterbitkan oleh majalah bisnis terkemuka Fortune. Tidak tangung-tanggung juga setiap bulan OpinionLab mendulang data yang bersumber dari 10 juta komentar dan opini yang dikirimkan dalam 32 bahasa dan berasal dari 200 negara. Perusahaan yang menggunakan layanan OpinionLab termasuk Bank of America, BestBuy, Carmax, Dell, Expedia, FedEx, Ford Motor Company, Geico, HSBC, IBM, Microsoft, Nordstrom, Lenovo, PayPal, United Airlines, Verizon, Walmart, dan lainnya.

Hari ini OpinionLab mengumumkan sudah menerima pendanaan untuk pengembangan usaha sejumlah $15 juta dollar yang diberikan oleh investor SSM Partners. Pendanaan ini merupakan yang terbesar yang pernah diberikan kepada perusahaan yang bergerak di dunia umpan balik pelanggan. Menurut OpinionLab, dana baru akan dipakai untuk meningkatkan inovasi teknologi terutama mengembangkan solusi yang mendukung umpan balik dari perangkat mobile termasuk dari ponsel pintar dan tablet. Selanjutnya OpinionLab ingin melakukan ekspansi untuk merebut pangsa pasar global.

(Images: top, OpinionLab logo; middle, OpinionLab homepage screenshot; bottom, click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s