Advertisements

Mixpanel: mengoptimalkan situs web dengan menggunakan alat pengujian A/B, terhadap bagaimana pengunjung berinteraksi

Untuk meraup untung besar dari bisnis online, pemilik situs web terus berupaya untuk mengoptimalkan situs mereka supaya pengunjung membaca konten lebih lama, menyimak pajangan produk, dan kemudian berbelanja. Salah satu metode yang banyak digunakan oleh tim pemasar termasuk alat pengujian A/B.

Yang dimaksud dengan pengujian A/B adalah membagi lalu-lintas pengunjung ke dalam dua macam situs percobaan. Pengujian ini untuk melihat bagaimana pengunjung berinteraksi dan minat pembeli terhadap produk yang di pajang secara online, kemudian melakukan pencatatan terhadap jumlah klik ke halaman produk dan pembayaran.

Mixpanel-segmentationPerusahaan Mixpanel menyediakan alat pengujian A/B dengan sasaran situs web dan kemudian melakukan ekspansi dengan melayani perangkat mobile (ponsel pintar, tablet) dan aplikasi mobile.

Pengujian A/B dilengkapi peralatan statistik untuk membandingkan kata kunci dari mesin pencari (Google), pengunjung dari jaringan sosial (Facebook, Twitter), pengunjung dari geografi berbeda (Amerika, Eropa, Asia), perbedaan jenis iklan banner dan pay-per-click, metode pemasaran melalui email dan televisi, dan lain sebagainya.

Mixpanel didirikan di kota San Francisco pada bulan Juli 2009. Menjelang akhir minggu lalu mengumumkan penerimaan pendanaan putaran kedua (Seri B) sejumlah $65 juta dollar yang diberikan oleh investor papan atas Andreessen Horowitz. Bersama pendanaan awal dan putaran pertama, sejak didirikan sudah mengumpulkan dana lebih dari $77 juta dollar.

(Images: middle left, Mixpanel segmentation)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s