Advertisements

California segera mewajibkan pabrik ponsel memasang ‘saklar mematikan’ (‘kill switch’) untuk menanggulangi kejahatan

california-flagSebuah ponsel pintar (smartphone) atau tablet model terbaru yang cantik dan canggih, akan memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Akibatnya, telepon genggam dan tablet seperti Apple iPhone 5S, iPad Mini, dan Samsung Galaxy, menjadi incaran bagi pencuri dan menyebabkan tindakan kejahatan pencurian dan perampokan perangkat seluler semakin meningkat di Amerika, terutama di kota-kota besar di California, seperti di San Francisco dan Los Angeles.

Untuk menanggulangi wabah pencurian ponsel di negara bagian terbesar di Amerika, Senator California dari kota San Francisco Mark Leno yang didukung oleh beberapa senator terkemuka, pejabat teras, kepala polisi kota besar, dan Jaksa George Gascon secara resmi memperkenalkan Rancangan Undang-undang (RUU) yang dikenal sebagai Senate Bill nomer 962 (SB 962) pada hari Jumat ini.

SB 962 mewajibkan pabrik perangkat seluler (seperti, Apple, Samsung, Lenovo, Motorola, BlackBerry, Nokia, HTC, LG, Sony) untuk segera memasang ‘saklar membunuh’ (‘kill switch’) di setiap ponsel dan tablet yang akan dijual mulai tanggal 1 Januari 2015. Bagi pabrik perangkat seluler yang tidak menyediakan saklar tsb. akan dikenakan sangsi denda $2,500 dollar per unit.

iPhone-5s-Gold-Senate-Bill-962Menurut siaran pers dari kantor Senator Mark Leno, lebih dari 50 persen perampokan di kota Golden Gate ada sangkut pautnya dengan pencurian perangkat seluler. Malah persentase perampokan mencapai 75 persen di kota Oakland, dekat markas klub football Raiders. Sedangkan pencurian ponsel di kota Los Angeles meningkat 12 persen pada tahun 2012, dibandingkan dari satu tahun sebelumnya.

Sayang sekali, SB 962 belum menerima dukungan sepenuhnya dari operator seluler (AT&T, Verizon Wireless, Sprint, dan T-Mobile) dan organisasi perdagangan nirkabel (CTIA). Penolakan ini dilakukan karena CTIA kwatir kalau jaringan hacker bisa menyalahgunakan ‘saklar membunuh.’ Diperkirakan hacker sewaktu-waktu bisa mengambil kontrol telepon pelanggan dan bisa mematikan ponsel dari jarak jauh, apalagi ponsel kepunyaan para petinggi polisi, Departemen Pertahanan, dan dokter.

Karena California merupakan propinsi terbesar di Amerika dan juga dalam hal ekonomi merupakan nomer enam terbesar di dunia, maka apa saja yang dilakukan di sini akan mempengaruhi undang-undang di negara bagian lainnya maupun di seluruh penjuru dunia. Apabila California berhasil memaksa pabrik perangkat seluler untuk segera menyediakan alat untuk mematikan ponsel dan tablet, maka hal ini akan mempengaruhi fitur ponsel masa depan yang akan dijual di Amerika maupun secara global.

(Images: top right, California logo; middle left, iPhone 5S photographed by Inovasi.com)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] tindakan kejahatan pencurian dan perampokan perangkat seluler di kota-kota besar di Amerika. Satu minggu lalu pemimpin di negara bagian California sudah memaparkan RUU yang mewajibkan pabrik ponsel memasang […]

  2. […] Hari ini Senate California, negara bagian terbesar di Amerika, menyetujui undang-undang yang mengharuskan produsen smartphone (ponsel pintar) memasang “kill switch” (“saklar membunuh”). Semua ponsel pintar yang akan dijual mulai tahun 2015 harus dilengkapi dengan alat untuk menanggulangi pencurian. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s