Advertisements

Remote Medical International: membawa peralatan, obat-obatan, perawatan kesehatan untuk pasien di tempat terpencil

Permasalahan untuk menemukan layanan dan perawatan kesehatan di tempat terpencil sudah dapat ditanggulangi saat ini, terutama bagi sebuah tim penelitian di Antartika, tim riset geologi dan pertambangan di pedalaman Kalimantan, ataupun satu keluarga raja minyak bersama kawan-kawan dekatnya yang berlibur di pulau pribadi. Perusahaan jasa Remote Medical International menawarkan layanan medis yang komprehensif bagi segala jenis klien dan individu di daerah terpencil di mana saja di dunia.

Contoh permasalahan yang sering dihadapi seperti seorang pekerja dari perusahaan multi-nasional bekerja di sebuah pulau terpencil di lautan Pasifik dan mengalami serangan jantung, yang mana lokasi ini sangat jauh dari rumah sakit. Tetapi karena kehadiran tim kerja dari Remote Medical yang sudah menyediakan dokter dan perawat, maka pasien dapat diobati segera untuk mengurangi gejala-gejala dini dan efek sampingan lainnya. Tidak lama kemudian, Remote Medical mengirimkan pesawat yang menjemput pasien dan diterbangkan ke rumah sakit di kota besar terdekat untuk perawatan lebih lanjut.

Remote Medical menawarkan berbagai macam layanan. Salah satu inovasi teknologi yang sering dipakai yaitu penggabungan teknologi video dan suara untuk dunia kesehatan yang dikenal dengan istilah telemedicine. Remote Medical menyediakan tenaga dokter yang memberikan jasa konsultasi melalui video chatting dengan pasien selama 24-jam non-stop. Di samping itu, perusahaan startup ini juga menyediakan jasa pelatihan medis yang paling canggih, perawat yang berkualitas, persediaan obat-obatan, dan penyewaan peralatan kesehatan.

Remote Medical didirikan di kota Seattle pada tahun 2003. Layanan dari startup ini terus berkembang pesat beberapa tahun terakhir ini dan diperkirakan omzet tahun 2013 akan tumbuh 60 persen dari tahun lalu. Remote Medical juga sempat dinobatkan sebagai salah satu dari top 500 perusahaan yang mengalami pertumbuhan tercepat di Amerika. Minggu ini sangat beruntung karena menerima pendanaan putaran pertama sejumlah $8 juta dollar yang didukung oleh perusahaan investasi Columbia Pacific Management, yang juga berbasis di kota Seattle. Dana baru akan dipakai untuk memperluas pasar dengan jangkauan seluruh dunia terutama menyediakan layanan kesehatan jarak jauh.

Rupanya Remote Medical melihat peluang besar untuk bermitra dengan Columbia Pacific Management. Keunggulan gabungan ini termasuk jaringan 23 rumah sakit yang tersebar di beberapa negara Pasifik Rim termasuk di India, Malaysia, Vietnam dan Indonesia. Jaringan rumah sakit ditambah dengan tim ahli kesehatan dan perawatan yang berkualitas, akan membantu memposisikan perusahaan startup ini untuk meraup pasar yang lebih luas khususnya di kawasan Asia Selatan dan Tenggara.

Remote-Medical-International-homepage-screenshot

(Image: bottom, Remote Medical International homepage screenshot)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s