Advertisements

Restoran fast-food Taco Bell merilis aplikasi seluler untuk mempermudah pelanggan memesan dan membayar dengan ponsel

Dalam waktu satu tahun terakhir ini beberapa restoran fast-food dan kedai kopi terkemuka di Amerika, seperti Chipotle Mexican Grill, Taco Bell, McDonald’s, Chick-fil-A, Jersey Mike’s dan Starbucks, sudah melakukan uji-coba aplikasi seluler untuk mempermudah pelanggan memesan dan membayar dengan ponsel. Uji-coba aplikasi masih terbatas pada beberapa lokasi restoran di suatu kota.

Kalau dulu restoran harus merubah strategi untuk menjamu pelanggan yang menyetir dan makan di mobil, maka hari ini kemajuan inovasi teknologi perangkat seluler menyebabkan restoran merubah bisnis model dengan menyediakan aplikasi untuk iOS dan Android. Apalagi sebagian besar peminat makanan fast-food adalah dari kalangan anak muda, maka restoran harus pandai beradaptasi menyambut teknologi baru. Menyediakan aplikasi seluler seolah-olah menaruh buku menu makanan di setiap saku pelanggan, yang mana buku menu ini tersedia kapan saja dan di mana saja.

Taco-Bell-iOS-appMenurut Nation’s Restaurant News, restoran fast-food Taco Bell yang berbasis di kota Irvine di selatan kota Los Angeles, akan segera merilis aplikasi seluler untuk membiarkan pelanggan memesan makanan dan secara otomatis membayar lewat ponsel. Dengan bantuan teknologi GPS untuk melacak posisi pelanggan, restoran bisa menjadwal penyajian makanan dan menyiapkan makanan kepada pelanggan tepat waktu. Aplikasi Taco Bell juga akan memberikan opsi kepada pelanggan memilih lokasi toko pengambilan. Demikian pula memberi opsi supaya pelanggan dapat mengambil makanan lewat sebuah loket ketika menyetir mobil atau pelanggan harus masuk ke dalam toko.

Restoran berlomba-lomba untuk menarik pengunjung dan bersedia menanam modal berjuta-juta dollar untuk memenuhi tuntutan konsumen jaman sekarang. Restoran fast-food saat ini memasuki era baru dengan pergeseran pola pembelian dan harus merubah strategi dengan membangun aplikasi yang dapat mempermudah pelanggan memesan, mengambil makanan, dan sekaligus membayar dengan cepat. Kini sudah tiba saatnya bagi restoran yang belum menyediakan aplikasi seluler untuk segera membuat anggaran belanja khusus pengembangan platform seluler.

(Images: middle left, Taco Bell iOS app screenshot)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] restoran dan memilih untuk duduk santai di depan komputer, menekan tombol ponsel , sambil memesan makanan lewat aplikasi. Hanya dalam waktu kurang dari satu jam, makanan yang dipesan sudah diantar oleh kurir ke depan […]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s