Advertisements

Move to iOS: Apple segera meluncurkan aplikasi untuk memudahkan pengguna ponsel migrasi dari Android ke iOS

Konferensi tahunan WWDC 2015 yang diselenggarakan oleh perusahaan Apple di kota San Francisco berlangsung dari tanggal 8 Juni sampai 12 Juni. Perusahaan raksasa gadget berbasis di Silicon Valley ini mengumumkan berbagai produk dan layanan baru, seperti iOS 9, Apple Music, aplikasi News, Proactive Assistant, Pay in UK, iPad multitasking, dan lainnya.

Salah satu aplikasi terbaru yang diperkenalkan pada konferensi ini dinamakan “Move to iOS.” Aplikasi ini diciptakan untuk pengguna ponsel pintar dan tablet yang dijalankan dengan Google Android, supaya mereka tidak perlu repot-repot dan pusing kepala apabila berencana pindah ke perangkat yang dijalankan dengan iOS 9. Aplikasi “Move to iOS” akan tersedia di toko Google Play bersamaan dengan rencana peluncuran system operasi iOS versi 9 pada musim gugur tahun 2015 atau sekitar pertengahan bulan September.

Android-to-iOS-app-Move-to-iOS

Setelah men-download aplikasi “Move to iOS” di ponsel lama, maka pengguna dapat melakukan migrasi dari Android ke iOS secara aman. Aplikasi ini akan memindahkan daftar alamat, catatan dan pesan-pesan lama yang sudah disimpan di ponsel lama, foto dan video, email akun, kalender, lagu-lagu, dan buku elektronik. Apple menyarankan pengguna men-download ulang aplikasi jaringan sosial yang tersedia secara gratis di Apple App Store. Sedangkan aplikasi Android yang sebelumnya sudah dibayar, maka pengguna harus membelinya lagi di toko App Store dengan harga diskon.

Operator seluler seperti AT&T sudah meluncurkan aplikasi “Mobile Transfer” yang mana cara kerjanya hampir mirip dengan aplikasi “Move to iOS.” Demikian pula pencipta system operasi Microsoft Windows Phone juga pernah meluncurkan aplikasi yang fungsinya sama. Tapi sayangnya aplikasi migrasi dari satu system operasi ke lainnya seringkali menghadapi berbagai masalah. Misalnya, memindahkan buku alamat sering terjadi kekeliruan cara pengenalan huruf besar dan kecil, abjad, tanda kutip, koma, titik, kode pos, kode telepon lokal dan negara. Kelihatannya sangat sepele, namun pengenalan karakter huruf dan nomor sering berbeda antara satu system operasi dengan lainnya. Hal ini menyebabkan pengguna ponsel mengalami kekeliruan dan harus melakukan pemindahan berulang kali.

(Images: middle center, “Move to iOS” app)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s