Advertisements

CluckCluck: membantu orangtua mencari, membuat jadwal tugas, membayar, dan mengirim pesan kepada pengasuh anak-anak

CluckCluck-homepageKehidupan di kota besar sangat membutuhkan semacam alat organizer untuk membantu menyeimbangkan ambisi mengejar karir dan tugas sebagai orangtua. Apalagi bagi pekerja profesional yang selalu sibuk bekerja dan juga mempunyai beberapa anak yang masih kecil. Konsep organizer untuk keluarga sudah ditawarkan oleh beberapa perusahaan startup sebagai penyedia aplikasi, seperti UrbanSitter, Cozi, dan lainnya.

Aplikasi CluckCluck bertindak seolah-olah seperti seekor induk ayam yang bertugas mengatur aktivitas anak-anak, membuat jadwal acara keluarga, dan mengangkat pengasuh (baby-sitter), sehingga orangtua tidak perlu stress di kantor, apalagi setelah pulang ke rumah. Aplikasi ini dipakai orangtua untuk menemukan pengasuh yang cocok dari satu daftar pengasuh yang dipercaya, melakukan komunikasi dengan pengasuh, mengatur janjian jam kerja, membuat daftar tugas untuk setiap anak, menyediakan kontak darurat, dan sekaligus berfungsi sebagai alat untuk membayar jasa pekerjaan pengasuh melalui ponsel (misalnya, transfer uang gaji dengan PayPal).

Beberapa fitur yang disukai pengguna termasuk tersedianya halaman khusus untuk setiap anak. Halaman ini dipakai pengasuh sebagai catatan tugas dan mengetahui kemauan orangtua untuk anak, misalnya, jam menjemput anak di sekolah, jam anak harus makan, jadwal tidur siang, mengerjakan PR, antar ke tempat les piano, antar ke tempat bermain bola, dan tugas lainnya. Pengasuh dan orangtua bisa saling menyampaikan pesan, memperbarui jadwal, dimana pengasuh dengan sentuhan layar dapat memberi tanda kalau tugas-tugas sudah selesai dikerjakan. Demikian pula pengasuh dan orangtua dapat mengirim dan menerima foto dan teks tentang aktivitas anak sepanjang hari.

Kehadiran aplikasi CluckCluck memudahkan orangtua dan pengasuh untuk saling berbagi informasi tanpa harus mengganggu pekerjaan di kantor dan tugas sebagai pengasuh. Ini karena semua pesan dan daftar tugas sudah disetujui oleh kedua pihak. Demikian pula membebaskan kedua pihak sebagai pemberi pekerjaan dan penerima pekerjaan dari tulis-menulis pesan di atas kertas.

Aplikasi CluckCluck hanya tersedia untuk platform iOS. Aplikasi versi 1.0 untuk iPhone dan iPad diluncurkan pada tanggal 28 Mei dan membutuhkan kapasitas disk-space sebesar 9.6 MB. Peminat dapat men-download aplikasi di toko Apple App Store dengan membayar $2.99. Karena baru diluncurkan minggu ini, aplikasi ini masih perlu banyak polesan dalam segi tampilan. Demikian pula dalam segi keuangan, perusahaan startup CluckCluck masih belum mengumumkan tentang pendanaan awal.

CluckCluck-iOS-app

(Images: top right, CluckCluck homepage; bottom, CluckCluck iOS app)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s