Advertisements

Setelah ditemukan oleh Sir Tim Berners-Lee 25 tahun lalu, 87% orang dewasa Amerika sudah menggunakan World Wide Web

Kehidupan orang Amerika semakin tidak bisa lepas dari Internet. Untuk menyambut ulang tahun ke 25 World Wide Web pada tanggal 12 Maret 2014, dimana konsep cara kerja WWW pertama kali ditemukan oleh Sir Tim Berners-Lee, Pew Research Internet Project merilis sebuah laporan berdasarkan jajak pendapat. Survei dilakukan melalui wawancara telepon dari tanggal 9 sampai 12 Januari 2014, dengan menggunakan sampel dari 1.006 orang dewasa di Amerika yang berusia minimal 18 tahun.

Pada awal tahun 1990-an, Internet atau juga sering disebut sebagai ”informasi superhighway” hanya diakses oleh orang-orang teknik yang mempunyai profesi di dunia komputer dan kalangan mahasiswa di perguruan tinggi, tetapi sekarang sudah merupakan kebiasaan bagi setiap orang di Amerika. Sebelum terciptanya WWW, pengguna harus menggunakan perangkat komputer dengan system operasi dan komando Unix yang sangat rumit.

Internet-use-over-time-Pew-Feb-2014Pew menunjukkan bahwa sudah ada 87% orang dewasa menggunakan Internet pada tahun 2014. Sejarah perkembangan Internet di Amerika menunjukkan hanya 14% orang dewasa yang akses ke Internet pada tahun 1995, kemudian mencapai 46% pada tahun 2000, selanjutnya meningkat menjadi 66% pada tahun 2005, dan menembus 79% pada tahun 2010.

Kalau dulu hanya pria saja yang suka akses Internet, tetapi sekarang sudah tidak ada perbedaan antara pria dan wanita. Demikian pula dilihat dari jenis suku dan keturunan, dulu Internet lebih banyak diakses oleh orang-orang keturunan kulit putih, tetapi perbedaan secara persentase dengan orang keturunan Afrika dan orang keturunan Amerika Latin sudah semakin merosot. Kesenjangan hanya terjadi dari kelompok umur pengguna, generasi muda lebih sering akses Internet daripada generasi tua usia 65 keatas. Sama halnya dengan pendapatan rumah-tangga, akses Internet lebih rendah bagi keluarga yang berpenghasilan kurang dari $30 ribu dollar per tahun, dibandingkan keluarga dengan pendapatan diatas $30 ribu dollar per tahun.

Walaupun akhir-akhir ini penggunaan Internet di Amerika sedang dilanda dengan kekhawatiran tentang privasi setelah tersingkapnya rencana mata-mata yang dilakukan oleh pihak berwenang di negara adikuasa ini, mayoritas orang Amerika masih menjunjung tinggi pemakaian Internet. Pew menemukan bahwa 90% dari pengguna menyatakan Internet telah merubah kehidupan mereka secara pribadi menjadi lebih baik, sedangkan 76% menyatakan bahwa Internet telah merubah kehidupan masyarakat menjadi lebih sempurna.

(Image: middle left, Internet use 1995-2014 by Pew)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s