autoGraph: memungkinkan pengunjung mall menerima promosi eksklusif dari toko, tanpa memberikan informasi pribadi

autoGraph-logoSemakin banyak toko-toko di mall memasang alat canggih, iBeacon, untuk menyebarkan promosi, konten produk dan kupon diskon, kepada pengguna ponsel. iBeacon memanfaatkan inovasi teknologi pemancar (seperti fungsi Wi-Fi), dimana sinyal dari iBeacon hanya dapat diterima oleh ponsel pintar yang men-download aplikasi khusus dari toko atau mall setempat.

autoGraph merupakan perusahaan startup yang mengembangkan inovasi aplikasi yang memungkinkan pengguna menerima penawaran, promosi, dan imbalan dari toko pengecer di mall. Aplikasi ini menjaga privasi setiap pengguna karena tidak meminta alamat email, nomor telepon, nama, maupun informasi pribadi. Sebaliknya autoGraph mengandalkan kecerdasan aplikasi ponsel dan ditunjang oleh teknik pengumpulan data tentang preferensi pengguna.

Cara kerjanya, ketika pertama kali masuk ke aplikasi ini, autoGraph mengharuskan pengguna memilih merek barang yang disukai dan juga membuang merek yang tidak disukai. autoGraph mengembangkan metode pemilihan dengan menggunakan layar sentuh yang disebut “swoting” atau kepanjangan dari “swipe voting” (artinya, menggesek dan memilih).

Keunggulan metode “swoting” dimana pengguna tidak memberikan info pribadi. Mereka hanya menunjukkan minat terhadap merek yang disukai. Setelah mengetahui merek yang disukai, maka autoGraph memprediksi usia, pendapatan, merek-merek lainnya yang juga akan disukai oleh pengguna.

Setelah mengetahui beberapa merek yang disukai, maka autoGraph membuka peluang kepada toko yang dilengkapi teknologi iBeacon untuk menawarkan produk dan jasa kepada pengguna ponsel. Pada saat yang sama toko dapat mencari sasaran pelanggan baru untuk berbelanja produk yang sedang dipromosikan.

Keuntungan bagi pengguna ponsel, mereka menerima pemberitahuan dari toko-toko dan restoran dengan penawaran eksklusif. Penawaran istimewa biasanya hanya tersedia bagi pengguna yang sudah men-download aplikasi.

autoGraph menjalin kemitraan dengan pengelola mall terkemuka berbasis di Inggris, Regent Street dan Westfield. Perusahaan Westfield juga merupakan pengelola mall terbesar di Amerika, termasuk Century City Mall dan Fox Hill Mall yang terletak di kota Los Angeles.

autoGraph didirikan pada bulan Maret 2011 dan berbasis di kota Seattle dengan cabang di kota London dan New York. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran kedua (Seri B) sejumlah $2,7 juta dollar yang didukung oleh Voyager Capital dan Alliance of Angels. Kedua investor ini juga menyediakan pendanaan putaran pertama (Seri A) pada bulan April 2013.

autoGraph_Regent_Street_iOS_app

(Images: top right, autoGraph logo; bottom, Regent Street iOS app powerd by autoGraph)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s