Advertisements

Pengiriman komputer pribadi (PC) diperkirakan turun 6 persen tahun 2015, padahal Windows 10 akan segera diluncurkan

Worldwide-PC-Forecast-2013-2016-IDCSeiring dengan perkembangan inovasi perangkat mobile dengan layar sentuh, maka semakin banyak orang beralih ke perangkat komputer tablet dan ponsel pintar (smartphone), yang mana mengakibatkan terjadinya persaingan ketat untuk penjualan komputer pribadi (PC) di seluruh dunia. Perusahaan riset terkemuka IDC memperkirakan pengiriman PC yang dijalankan dengan system operasi Windows akan turun 6,2 persen pada tahun 2015 ini. Kemerosotan pengiriman PC ini merupakan tahun keempat secara berturut-turut setelah pencatatan penjualan pada tahun 2012.

Naik dan turunnya penjualan PC banyak dipengaruhi oleh strategi bisnis yang diambil oleh perusahaan raksasa perangkat lunak Microsoft. Penjualan PC berkembang pesat sejak Microsoft memperbarui system operasi lama dengan meluncurkan Windows 7 pada bulan Oktober 2009. System operasi ini sangat handal dan banyak digunakan di rumah tangga dan perkantoran. Sayangnya ketika Microsoft memperbaruinya dengan peluncuran system operasi Windows 8 pada bulan Oktober 2012, banyak peminat PC kecewa karena cara penggunaannya sangat kacau dan membinggungkan. Windows 8 diciptakan untuk bersaing dengan Apple iOS dan lebih condong kearah layar sentuh, padahal secara tradisional pengguna PC lebih terbiasa dengan menggunakan mouse dan mengetik dengan keyboard.

Pada tahun 2014 Microsoft menghentikan dukungan terhadap system operasi Windows XP yang sudah diluncurkan sejak bulan Oktober 2001. Tindakan Microsoft ini membuat pengamat teknologi memproyeksikan pengiriman PC akan segera stabil kembali. Pengguna PC dari kalangan pribadi dan perusahaan mendorong permintaan untuk penggantian mesin lama dengan mesin baru. Tapi pertumbuhan ini tidak berlangsung lama, karena banyak pembeli segera menunda pembelian PC setelah mengetahui rencana Microsoft selanjutnya. Ini karena sebagian besar pembeli ingin menunggu peluncuran Windows 10 pada musim panas tahun 2015 ini.

Ketika Microsoft menyatakan bahwa Windows 10 Upgrade akan diberikan secara cuma-cuma untuk tahun pertama, maka banyak pembeli PC menunda pembelian sejak awal tahun 2015 ini dan tetap memakai mesin lama yang dijalankan dengan Windows 7 yang sangat handal menjalankan tugas-tugas sekolah dan pekerjaan. Sampai hari ini, system operasi Windows 10 masih dalam bentuk beta. System operasi ini belum sepenuhnya siap untuk di pasang di PC yang akan dijual di toko elektronik (BestBuy) dan toko serba-ada (Costco, Walmart, Target, Amazon) menjelang musim belanja terbesar menyongsong hari Natal 2015 dan Tahun Baru 2016.

IDC memperkirakan bahwa penjualan PC baru akan stabil pada tahun 2016. Sudah bukan rahasia lagi di industry perangkat lunak, peluncuran system operasi Windows versi terbaru biasanya belum mencapai optimal dalam hal penggunaan, karena masih memerlukan perbaikan tahap demi tahap. Konsumen mengerti keadaan ini dan mereka cenderung menunda untuk mengganti mesin komputer lama mereka.

(Image: top right, Worldwide PC Forecast, 2013-2016, by IDC)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] tidak mampu menembus pasar PC yang sedang goncang, maka Microsoft menambah fitur dan mengembalikan cara kerja lama seperti tombol “Start” pada […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s