Advertisements

Pangsa pasar Windows 7 menembus 60 persen sampai akhir Juni sambil menyongsong peluncuran Windows 10 akhir Juli 2015

Pembeli perangkat komputer pribadi (PC) dari kalangan perusahaan dan perorangan masih terus berbondong-bondong membeli mesin yang dijalankan dengan system operasi Windows 7 sampai akhir bulan Juni 2015 ini, walaupun Microsoft akan segera meluncurkan Windows 10 pada akhir bulan Juli 2015. Sejak diluncurkan pada bulan Oktober 2009, Windows 7 dikenal sangat handal dibandingkan system operasi terbaru yaitu Windows 8 and Windows 8.1.

Menurut data yang dikumpulkan oleh Net Applications, pangsa pasar Windows 7 mengalami lonjakan besar dalam waktu beberapa bulan terakhir ini. Sampai akhir bulan Juni 2015, pangsa pasar Windows 7 mencapai 60.98 persen, dibandingkan dengan 50.55 persen pada akhir bulan Juni 2014, atau terjadi kenaikan lebih dari 10 persen dalam kurun waktu 12 bulan terakhir ini.

Keberhasilan Windows 7 didukung oleh pembeli yang harus segera menggantikan perangkat lama yang dijalankan oleh Windows XP. Ini karena Microsoft sudah menghentikan dukungan terhadap system operasi lama karena masalah keamanan sejak awal tahun 2014. Pangsa pasar Windows XP hanya bertahan sekitar 12 persen pada akhir bulan Juni 2015.

Banyak pembeli PC merasa kecewa ketika Microsoft memperbarui system operasi dengan meluncurkan Windows 8 pada bulan Oktober 2012. Pengguna sudah terbiasa dengan mouse dan keyboard, tetapi Windows 8 lebih mengutamakan inovasi layar sentuh. Ini karena Microsoft takut bersaing dengan Apple yang meluncurkan tablet iPad pada bulan April tahun 2010.

Karena tidak mampu menembus pasar PC yang sedang goncang, maka Microsoft menambah fitur dan mengembalikan cara kerja lama seperti tombol “Start” pada Windows 8.1, yang diluncurkan pada bulan Oktober 2013. System operasi terbaru ini hanya mampu meraih 13 persen pangsa pasar. Kombinasi Windows 8 dan Windows 8.1 baru mencapai 16 persen sampai akhir bulan Juni.

Microsoft berjanji memberikan kemudahan kepada pemilik PC yang menggunakan system operasi Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1, meng-upgrade ke Windows 10 secara gratis untuk satu tahun pertama. Dengan dalih ini, maka pembeli PC tidak perlu menunda berbelanja ataupun khawatir ketika pasar mulai dibanjiri dengan komputer generasi baru yang dijalankan dengan Windows 10, menjelang musim sekolah dan musim belanja akhir tahun.

Desktop-Operating-System-Market-Share-Net-Applications

(Image: bottom, Desktop Operating System Market Share by Net Applications, June 2015)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] system operasi yang menjalankan mesin PC memegang peran penting di benak konsumen. Ketika Microsoft berhenti mendukung system operasi Windows XP pada tahun 2014, banyak konsumen membeli mesin PC baru. Tetapi sebagian […]

  2. […] Windows 10 pasti akan diluncurkan pada akhir bulan Juli 2015 ini, akan tetapi jadwal pengiriman Windows 10 dalam bentuk USB drive […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s