Advertisements

Beautylish: komunitas berbagi pendapat, saran terhadap alat makeup, tata kecantikan rambut, dengan fitur toko online

beautylish-logoGabungan konten dan toko merupakan salah satu kunci sukses strategi bisnis online. Konten membantu situs supaya tetap segar, sehingga pengunjung selalu datang berulang kali. Setelah konten tersedia, maka untuk menambah fitur toko online lebih mudah. Ini membuka peluang usaha sosial e-commerce yang sangat trendi saat ini, sambil menambah penghasilan bagi perusahaan untuk jangka panjang.

Pada saat didirikan pada bulan Februari 2010 dan berbasis di kota San Francisco, Beautylish menyediakan forum sosial untuk penggemar di industri kecantikan. Anggota yang terdaftar datang bersama-sama untuk berbagi konten tentang kosmetik, termasuk diskusi dan saran terhadap alat makeup, tata kecantikan rambut, dan lain sebagainya. Setiap anggota dapat menyumbang foto, video tutorial untuk makeup, pendapat terhadap produk, dan menulis artikel yang dapat dibagikan kepada pembaca lainnya. Demikian pula pengunjung situs boleh berkomunikasi satu sama lain dan mengirim umpan balik.

Dalam waktu dua tahun Beautylish berhasil mengumpulkan konten cukup banyak dan lalu lintas pengunjung ke situs semakin menanjak. Hari ini diperkirakan sudah melampaui 1 juta pengunjung ke situs Beautylish setiap bulan. Melihat peluang ini, Beautylish meluncurkan toko online pada bulan Agustus 2012.

beautylish-homepage-screenshotMembuka toko online bukanlah sesuatu yang sulit, tetapi Beautylish memiliki keunggulan dibandingkan dengan penyedia lainnya. Startup ini lebih fokus pada kosmetik termasuk alat makeup dan tata cara memakai peralatan kecantikan. Keistimewaannya termasuk menjalin kemitraan dengan beberapa merek. Secara berulang-ulang Beautylish menampilkan produk-produk dari merek yang sudah dipilih khusus, sesuai dengan topik yang didiskusikan. Untuk menciptakan gairah membeli dari anggota, setiap produk yang di pajang hanya tersedia untuk jangka waktu yang sangat terbatas.

Pada tanggal 29 Mei, Beautylish mengirimkan sebuah surat laporan ke SEC, suatu badan yang menangani pasar saham milik pemerintah Amerika, bahwa startup ini sudah menerima tambahan modal sejumlah $6,5 juta dollar yang didukung oleh CMEA Venture. Ketika menyerahkan laporan ke SEC, Beautylish mencantumkan akan menerima $8,6 juta dollar, tetapi rupanya baru menerima investasi sejumlah $6,5 juta dollar, sedangkan yang $2,1 juta masih menunggu investor lainnya yang belum diumumkan secara resmi. Sebelumnya pada tahun 2010 dan 2011, Beautylish dilaporkan sudah menerima modal awal sekitar $2 juta dollar dari beberapa investor terkemuka di Silicon Valley termasuk SV Angel.

Dengan memadukan konten dan produk di hadapan calon pembeli yang juga ikut berpartisipasi dalam diskusi dan juga mempunyai niat membeli, Beautylish membantu pemilik merek di industri kecantikan menjual barang dagangan. Bisnis model ini menyediakan konten terlebih dahulu, baru kemudian membuka peluang pemasaran produk kecantikan. Bisnis model yang dipakai oleh Beautylish sudah teruji, dengan bukti pengunjung yang terus bertambah. Kekuatan media sosial seperti Pinterest, Facebook, Twitter, akan terus menguatkan bisnis model ini, dimana dapat dipakai sebagai alat pendekatan dan menjalin hubungan erat dengan anggota yang sudah memiliki niat beli dari awal.

(Images: top right, Beautylish logo; middle left, Beautylish homepage screenshot)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s