Freewheel: layanan ponsel yang mengandalkan jaringan WiFi untuk panggilan telepon, pesan suara, teks, download video

Free-Wheel-homepageSaat ini sedang terjadi pergeseran inovasi model bisnis yang dilakukan oleh perusahaan kabel TV untuk menyaingi penyelenggara selular di Amerika. Perusahaan kabel mengembangkan bisnis dengan menyediakan layanan ponsel kepada pelanggan dengan iuran berlangganan lebih murah. Dengan membanting harga, maka perusahaan kabel TV percaya bahwa mereka dapat merebut pangsa pasar dari operator selular raksasa, seperti AT&T, Verizon, T-Mobile, dan Sprint, sekaligus memperpanjang umur pelanggan kabel TV.

Selain itu, tujuan perusahaan kabel TV juga ingin mencari sasaran pasar baru dari kelompok pengguna yang berada lingkungan yang padat dengan jaringan WiFi dan hotspot, seperti warung kopi Starbucks, kampus perguruan tinggi, perkantoran, perumahan, pusat belanja, taman kota, dan lainnya. Kelompok pengguna ini sangat rajin mengakses Internet, melakukan chatting, memperbarui informasi di akun sosial media, meng-upload foto dan video, menyetel musik, yang mana menghabiskan data dalam jumlah besar.

Freewheel didukung oleh operator Cablevision yang merupakan salah satu penyedia kabel TV terkemuka di pantai timur Amerika, termasuk di kota New York. Freewheel mengandalkan konektivitas ke jaringan Wi-Fi setempat, dimana kotak router Wi-Fi yang sudah dipasang di perumahan dan perkantoran berfungsi ganda sebagai hotspot untuk jaringan seluler.

Bagi pelanggan yang selama ini sudah berlangganan kabel TV lewat Cablevision, mereka cukup membayar paket berlangganan $9,95 per bulan. Di setiap hotspot, pelanggan boleh akses ke Internet dan berbicara tak terbatas, termasuk juga mengirim teks.

Freewheel mengandalkan jaringan Wi-Fi Optimum milik Cablevision. Saat ini sudah tersedia lebih dari satu juta hotspot di kawasan New York City dan sekitarnya. Dengan begitu banyaknya hotspot yang tersebar di pemukiman yang padat, maka pengguna bisa terus bergerak dari satu hotspot ke hotspot lainnya, tanpa mengalami gangguan menerima email, pesan suara, dan teks.

Apabila inovasi model bisnis Freewheel menghasilkan untung dan sekaligus merebut pengguna generasi baru dalam jumlah besar, maka tidak heran cara kerja ini akan di contoh oleh operator kabel TV lainnya, termasuk TimeWarner, Comcast, dan lainnya. Demikian pula, akan muncul lebih banyak perusahaan startup yang ingin mengadu nasib di arena ini, terutama menyediakan layanan ponsel murah dengan mengandalkan jaringan WiFi dari router di perumahan dan perkantoran.

(Image: top right, Freewheel homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s