Advertisements

VeriSign melaporkan ada 276 juta nama domain di semua ekstensi di seluruh dunia, pada akhir kuartal pertama 2014

Verisign-logo-Perusahaan VeriSign yang mengelola nama domain terbesar di dunia berbasis di kota Reston, Virginia, Amerika Serikat, melaporkan bahwa ada 276 juta nama domain yang sudah terdaftar di semua ekstensi pada kuartal pertama yang berakhir pada tanggal 31 Maret 2014. Yang dimaksud dengan nama domain di semua ekstensi, termasuk .com, .net, .org, .de, .uk, .cn, .info, dan lain sebagainya. Dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun 2013, pendaftaran tumbuh sebanyak 19,3 juta nama atau 7,5 persen dari tahun-ke-tahun.

Nama domain dengan ekstensi .com dan .net merupakan pelopor nama situs web sejak Internet diperkenalkan ke masyarakat umum lebih dari 25 tahun lalu. Kombinasi pendaftaran .com dan .net mencapai 128,5 juta nama sampai akhir kuartal pertama tahun 2014. Kedua ekstensi ini mengalami pertumbuhan empat persen dari tahun-ke-tahun.

Selama kuartal pertama terdaftar sebanyak 8,6 juta .com dan .net yang baru, dibandingkan kuartal yang sama pada tahun 2013, jumlahnya mencapai 8,8 juta nama. Jumlah ini menunjukkan ada sedikit penurunan, ini akibat mulai tersedianya ekstensi baru, seperti .guru, .photography, .today, dan lainnya.

Verisign-Q1-2014-Domain-BriefEkstensi .com tetap merupakan idaman bagi setiap pemilik situs web. Sampai akhir kuartal pertama, sudah ada 113,2 juta ekstensi .com yang terdaftar, sedangkan hanya 15,2 juta ekstensi .net.

Diluar kepopuleran ekstensi .com dan .net, pendaftaran nama domain di susul oleh ekstensi dua huruf dari beberapa negara terkemuka di Eropa dan Asia, termasuk .tk (Tokelau, nama kepulauan di lautan Pasifik, dimana domain ini diberikan secara cuma-cuma), .de (Jerman), .uk (Inggris), .cn (Tiongkok), .ru (Federasi Rusia), dan .nl (Belanda).

Sudah ada 198 nama domain ekstensi baru (gTLDs) yang didelegasikan ke pusat data sampai akhir kuartal pertama 2014. Dari hasil penjualan sementara, top-10 ekstensi baru yang disukai oleh pendaftar nama domain, termasuk .guru, .berlin, .photography, .tips, .today, .email, .technology, .company, .directory, dan .clothing.

Pendaftaran nama domain tetap tumbuh seiring dengan kemajuan inovasi teknologi di seluruh dunia. Perusahaan besar, kecil, maupun perorangan, terus berlomba-lomba mengikuti tren teknologi untuk menemukan nama domain yang bagus. Faktor-faktor yang membuat sebuah nama menjadi idaman termasuk nama produk yang mudah diingat oleh pelanggan, kata kunci yang gampang di cari melalui mesin pencari Google, kombinasi suku kata tercantum di buku kamus yang diperkirakan dapat diperjualbelikan, nama yang akan menjadi tren dan juga sekaligus menambah lalu-lintas ke situs web, dan lain sebagainya. Investasi di sektor nama domain tidak mengenal kata terlambat.

(Images: top right, VeriSign logo; middle left, VeriSign Domain Brief Q1-2014 in .pdf format)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s