Advertisements

Collegefeed: menyediakan halaman profil dan resume untuk menghubungkan mahasiswa dengan majikan yang potensial

College-feed-logoSudah ada beberapa perusahaan startup yang membangun layanan khusus untuk kalangan mahasiswa dan memudahkan mereka mencari pekerjaan setelah tamat kuliah, seperti InternMatch dan Seelio. Dengan perkembangan inovasi data ukuran besar yang dikumpulkan dari berbagai sumber, masih ada cara lain untuk menghubungkan mahasiswa dan pengusaha, seperti layanan baru yang diluncurkan oleh LinkedIn minggu ini. Kalau LinkedIn mengumpulkan data dari 240 juta pengguna di situs webnya, sedangkan perusahaan startup Collegefeed menggunakan algoritma yang berbeda untuk mendulang data dari sumber-sumber umum, seperti dari daftar kelompok investor yang menanam modal di usaha kecil, dari profil perusahaan yang sudah publik dan perusahaan yang masih swasta, dari daftar lowongan pekerjaan, dan sumber-sumber lainnya.

Dengan memanfaatkan data dari khalayak umum, maka layanan Collegefeed akan membuat rekomendasi tentang majikan yang potensial dan sesuai dengan keterampilan dan minat mahasiswa. Collegefeed merekomendasikan pekerjaan berdasarkan profil mahasiswa dan digabungkan dengan data lainnya.

Collegefeed bertindak seolah-olah seperti pasar lowongan pekerjaan bagi mahasiswa dan lulusan muda, supaya majikan lebih efektif dan efisien untuk mengakses sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk kemajuan perusahaan. Keuntungan bagi perusahaan sekaligus memperkenalkan diri di lingkungan kampus. Demikian pula bagi mahasiswa, mereka lebih memahami pilihan perusahaan yang mereka berminat untuk bekerja, mempersiapkan diri untuk menjalani proses wawancara, dan menemukan orang-orang tepat yang dapat dihubungi untuk meminta masukan (seperti, orang-orang yang berkecimpung di dalam industri, alumni dari universitas yang sama). Langkah terakhir, Collegefeed membantu mahasiswa untuk mendapatkan penawaran pekerjaan pertama yang cemerlang.

Collegefeed didirikan pada bulan Januari 2013 di kota Mountain View yang letaknya tidak jauh dari markas mesin pencari terbesar didunia Google. Tidak heran kalau pendiri startup ini, Sanjeev Agrawal, juga mantan karyawan Google. Minggu ini Collegefeed menerima pendanaan awal sejumlah $1,8 juta dollar dari Accel Partners. Satu bulan yang lalu, kelompok investor ini melakukan investasi di perusahaan startup Coursera yang menyediakan layanan bagi mahasiswa untuk mengambil kuliah secara online. Dari ulasan-ulasan yang sudah disajikan di Inovasi.com beberapa bulan terakhir ini, kelihatan sekali banyak investor papan atas di Silicon Valley yang berminat menanam modal di perusahaan startup teknologi yang memberikan layanan bagi kalangan mahasiswa.

College-Feed-profile-showcase

(Images: top right, Collegefeed logo via Facebook; bottom, Collegefeed’s homepage, showing a sample of student profile)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s