Advertisements

Seelio: platform portofolio online untuk mendokumentasikan pengalaman dan hasil karya mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan

Seelio-logoSudah merupakan tugas sehari-hari bagi mahasiswa jurusan arsitek, desainer, animasi, dan jurusan kreatif lainnya mengumpulkan hasil kerja mereka dalam bentuk sebuah portofolio. Karena layanan platform portofolio online yang tersedia masih terbatas untuk kalangan mahasiswa desainer, maka seringkali layanan untuk mendokumentasikan pengalaman dan hasil karya mahasiswa dari berbagai macam fakultas dan jurusan lainnya belum tersedia ataupun dikelola secara baik online.

Para pendiri startup Seelio berpikir bahwa dengan kemajuan inovasi teknologi, maka era penggunaan portofolio kertas akan segera berakhir dan diganti dengan portofolio online. Tujuan utama dari sebuah portofolio yaitu memungkinkan mahasiswa untuk memamerkan karya dan kemampuan mereka. Sayangnya, banyak portfolio kertas yang sebenarnya bisa membantu penempatan di perguruan tinggi dan juga menambah potensi karir saat melamar kerja, akhirnya luput ditinjau pada saat proses penyeleksian, perekrutan pegawai, ataupun penerimaan mahasiswa. Akibatnya lama-kelamaan portfolio kertas akan musnah tersimpan di rak atau laci lemari di rumah.

Walaupun sudah memasuki era digital, mahasiswa masih menghadapi berbagai kendala. Sebagian besar mahasiswa yang sudah menciptakan materi untuk proyek dalam bentuk digital, yang biasanya digunakan untuk memamerkan kemampuan mahasiswa, tetapi sayangnya hasil karya semacam itu hanya tersimpan di dalam sebuah flash drive yang berisi beberapa file. Untuk mengatasi kendala yang dihadapi mahasiswa, maka layanan Seelio akan memungkinkan siswa untuk menampilkan portofolio online. Boleh dibilang teknologi yang diciptakan oleh tim kerja Seelio bukanlah sesuatu yang mutakhir, tapi keistimewaannya dari segi memudahkan mahasiswa menampilkan hasil karya, merekam proyek, menunjukkan minat kerja, dan menghubungkan mahasiswa dengan calon majikan.

Seelio-Gallery

Seelio didirikan di kota Ann Arbor oleh beberapa mahasiswa University of Michigan. UM atau the Big Blue adalah universitas negeri terkemuka di pantai timur Amerika. Sejak diluncurkan untuk umum pada bulan Agustus 2012, Seelio mempunyai visi bahwa mahasiswa dapat membangun portofolio indah, memungkinkan mereka menampilkan hasil karya dan proyek mereka secara online. Ini dipakai sebagai wadah untuk mendokumentasikan perjalanan hidup selama sekolah, mencatat hasil kerja, dan memperkenalkan diri ke dunia secara online. Para pengguna Seelio di kalangan mahasiswa dan dosen sudah tersebar di kampus-kampus terkemuka di seluruh Amerika Serikat dan dunia (seperti, MIT, University of Texas Austin, University of Michigan Engineering, dan Georgetown University).

Menurut techcrunch.com, minggu ini Seelio menerima pendanan awal sejumlah $900.000 dollar yang didukung oleh First Step Fund, Michigan PreSeed Fund, dan beberapa pemodal yang bersifat pribadi. Pendanaan baru akan dipakai untuk memperluas layanan ke lembaga pendidikan dan menjalin kerjasama dengan para pendidik dan kalangan guru. Juga akan mengembangkan layanan yang mencakup siswa dari semua tingkatan, mulai dari anak sekolah dasar sampai tingkat sarjana doktor S-3.

Jadi dengan kemajuan inovasi teknologi, mahasiswa jaman high-tech melamar pekerjaan bukan hanya menunjukkan angka rapor dalam bentuk transkrip dan resume (CV), tetapi juga dalam bentuk penerapan keterampilan mahasiswa selama menjadi murid. Seelio membantu mahasiswa menyimpan riwayat kerja selama di bangku kuliah, disimpan secara digital dan ditampilkan secara online. Menjelang wisuda, mahasiswa sudah memiliki sebuah portfolio yang teratur rapi, enak dan indah dilihat mata. Keberadaan sebuah portfolio akan menarik minat calon majikan dan memudahkan mahasiswa untuk mendapatkan pekerjaan.

(Images: top right, Seelio logo; middle, Seelio gallery; bottom, click here to watch a video demo)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] mahasiswa dan memudahkan mereka mencari pekerjaan setelah tamat kuliah, seperti InternMatch dan Seelio. Dengan perkembangan inovasi data ukuran besar yang dikumpulkan dari berbagai sumber, masih ada […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s