Advertisements

Delectable: membantu konsumen berbagi info minuman anggur yang sudah dicicipi dan menemukan yang baru untuk dicoba

Delectable-logoPeminum yang sudah merasakan lezatnya suatu minuman anggur (wine) dan ingin mengingat, terus mengetahui informasi lebih mendetail, sekarang dapat menggunakan aplikasi iPhone yang dikenal dengan nama Delectable (arti kata “delectable” dalam bahasa Indonesia: “lezat”). Aplikasi versi 3.0 untuk perangkat iOS baru saja diperbarui hari ini dan tersedia secara gratis. Aplikasi ini membantu peminum menandai minuman yang sudah dicicipi, memberikan peringkat, sambil membuat catatan mengenai mutu minuman anggur tsb. Pengguna juga dapat menggunakan jaringan sosial dan ponsel pintar untuk berbagi informasi dengan teman-teman yang apresiasi terhadap minuman anggur.

Cara kerja Delectable hampir mirip dengan aplikasi Vivino yang sudah diulas di Inovasi.com menjelang akhir tahun 2012. Delectable bertindak seolah-olah seperti sebuah jurnal minuman anggur, yang mana datanya disimpan secara digital. Data-data dari pengguna kemudian dianalisis oleh tim ahli Delectable untuk menciptakan database yang berguna untuk semua konsumen. Peminum menggunakan informasi untuk mengembangkan selera sambil menemukan anggur baru untuk dicoba.

Keunggulan Delectable terletak pada inovasi teknologi pengenalan gambar yang dapat mengetahui setiap botol minuman anggur melalui gambar. Hal ini dapat dilakukan dengan mendulang database yang memuat lebih dari 2 juta botol minuman anggur. Sayangnya aplikasi ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris.

Delectable-iOS-app-version-3

Aplikasi versi 3.0 memiliki beberapa fitur baru yang meliputi rekomendasi minuman anggur berdasarkan pengalaman dan pilihan dari sekelompok teman setelah mencocokkan preferensi pengguna. Tambahan fitur baru mencakup ulasan dari para ahli minuman anggur. Aplikasi terbaru juga menambahkan lokasi dalam bentuk peta asal-usul pembuatan minuman anggur yang disukai, supaya peminum dapat menemukan dan mencoba minuman jenis baru dari daerah yang sama. Aplikasi ini juga membantu pengguna menemukan profesional pembuat anggur dan juru cicip dari seluruh dunia.

Delectable didirikan pada tahun 2011 oleh Alex Fishman yang sebelumnya bekerja di Palantir Technologies. Palantir terkenal sebagai pembuat perangkat lunak anti pemalsuan. Startup Delectable memiliki kantor pusat di kota San Francisco. Pada bulan April 2012 sudah meluncurkan aplikasi versi 1.0 untuk kalangan sendiri. Bersamaan dengan rilis versi 3.0, startup ini diperkirakan sudah mendapat modal sejumlah $2 juta dollar, walaupun masih belum diumumkan secara resmi. Pendukung modal terdiri atas beberapa eksekutif dari perusahaan teknologi di Silicon Valley, seperti Alex Karp (CEO Palantir Technologies), David Sacks (pendiri dan CEO Yammer), dan Justin Waldron (pendiri online video gaming Zynga). Startup ini juga menerima pengarahan dari Ron Conway (kelompok modal ventura SV Angel).

(Images: top right, Delectable logo; middle, Delectable iOS app)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s